8 Objek Wisata Hutan Bambu yang Nggak Kalah dari Kepunyaan Jepang

Pernah mendengar hutan bambu Arashiyama? Tempat yang juga dikenal dengan nama hutan bambu Sagano itu termasuk objek wisata alam populer di Kyoto. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu hutan terindah di dunia.

Arashiyama dengan suara ‘nyanyian bambu’ yang dimilikinya memang indah. Namun Indonesia pun punya objek wisata hutan bambu yang tak kalah memikat. Kalau belum kesampaian ke Jepang, tak ada salahnya mengunjungi hutan bambu di kampung halaman.

1. Boon Pring Andeman – Malang

View this post on Instagram

A post shared by Boonpring Andeman (@boonpringandeman)

Andeman Boon Pring atau biasa disebut Boon Pring saja adalah kawasan ekowisata kepunyaan Kabupaten Malang . Secara administratif, destinasi wisata yang dikenal dengan nama Boon Pring ini terletak di desa Sanankerto, kecamatan Turen, kabupaten Malang.

Tak hanya itu, di tengah hutan bambu terdapat sebuah danau kecil yang menjadi sasaran wisatawan berkeliling menggunakan perahu atau rakit. Wisata Boon Pring ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Hanya saja, pemandian alam ini mulai populer sekitar tahun 2014, semenjak diadakannya acara Grebeg Sesucen Desa.

2. Hutan Bambu Lumajang – Lumajang

Lumajang, Jawa Timur pun punya wisata hutan bambu yang tak kalah keren. Lokasinya di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Hutan bambu yang tadinya tak dilirik ini mulai dikembangkan sebagai lokasi wisata alam dan keluarga sejak tahun 2016.

View this post on Instagram

A post shared by LUMAJANG | JAWA TIMUR (@wisatalumajang)

Anda bisa menemukan 20 spesies tanaman bambu di Hutan Bambu Lumajang. Dua di antaranya bahkan diklaim langka. Pengunjung bisa berpiknik dan menyantap berbagai kuliner lokal yang dijajakan di sana. Mau menginap dengan konsep homestay juga bisa.

3. Hutan Bambu Petung 1000 – Mojokerto

View this post on Instagram

A post shared by Wisata Panorama Petung Sewu (@wpps.mojokerto)

Objek wisata hutan bambu yang satu ini masih tergolong baru. Namanya Hutan Bambu Petung 1000 atau Petung Sewu. Letaknya di Dusun Jibru, Desa Belik, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Tempat ini baru diresmikan menjadi tempat destinasi ekowisata pada bulan Februari 2019 lalu.

4. Hutan Bambu Keputih – Surabaya

Meskipun terkenal sebagai kota dataran rendah yang gerah, ternyata Surabaya juga punya wisata hutan bambu. Hutan bambu yang berada di Keputih ini menjadi salah satu objek wisata alam nan unik di tengah kota.

View this post on Instagram

A post shared by 𝐂𝐞𝐧 𝐂𝐞𝐧 (ENDORSMENT) (@c3n_c3n_c3n)

Hutan bambu Keputih ini dibangun di atas lahan bekas TPA. Kalau dulu kotor, kini kesejukan dan keasriannya bakal mengingatkan kita kepada latar film kolosal di China atau Jepang.

5. Hutan Bambu Bekasi – Bekasi

Bekasi juga punya objek wisata hutan bambu, lho. Lokasinya berada di Kampung Bekasi Jati, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi timur, Kota Bekasi.

View this post on Instagram

A post shared by 𝐷𝑖𝑐𝑘𝑦 𝐵𝑎𝑠𝑦𝑎 (@dbasya)

Hutan bambu di sini cukup indah. Walaupun begitu, lokasinya tidak terlalu mudah ditemukan. Jadi pastikan GPS Anda aktif.

6. Kampung Bambu Klatakan – Magelang

View this post on Instagram

A post shared by kampung bambu klatakan (@kampung_bambu_klatakan)

Habis main ke Candi Borobodur jangan langsung pulang. Pasalnya Magelang punya banyak objek wisata yang tak kalah keren. Salah satunya adalah Kampung Bambu Klatakan. Wisata hutan bambu ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Borobodur.

Kelebihan utama tempat ini tentu saja adalah pemandangannya. Anda bisa berfoto atau sekadar piknik sambil menikmati semilir angin yang meniup daun-daun bambu. Kalau cuaca sedang cerah, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset. Jangan lupa cicipi juga kuliner tradisional yang dijajakan di sana. Misalnya jenang, nasi jagung kluban, dan bubur sayur.

7. Hutan Bambu Penglipuran – Bali

Sudah pernah mendengar tentang Penglipuran? Ini adalah desa adat yang sempat mendapat penghargaan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Kalau berkunjung ke sana, sempatkan untuk mengunjungi hutan bambunya.

View this post on Instagram

A post shared by Agung S. Dananjaya (@agungdeejay)

Sama seperti desa adatnya yang senantiasa terpelihara, hutan bambu Penglipuran juga masih asri. Penduduk setempat memang sangat menjaga lingkungan sekitar mereka. Jadi Anda juga harus melakukan hal yang sama saat berkunjung ke sini.

8. Hutan Bambu Air Terjun Suradadu – Mojokerto

View this post on Instagram

A post shared by Air terjun surodadu 0fficial (@surodaduairterjun)

Mojokerto masih punya satu objek wisata hutan bambu lagi. Hutan bambu ini merupakan bagian dari kawasan wisata Air Terjun Surodadu. Letaknya di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Hutan bambu ini letaknya di lereng Gunung Welirang. Jika berkendara dari pusat kota Mojokerto, jarak tempuhnya cuma 30 menit, kok.

Baca juga:
Santo Stefano di Sessanio Tawarkan Rp761 Juta Buat Siapapun yang Mau Pindah ke Sana
Intip Suasana Kebun Teh Kayu Aro Kerinci, Perkebunan Teh Tertinggi Kedua di Dunia
Banjar Nagi, Ubud Disebut sebagai Salah Satu Lingkungan Terkeren di Dunia
Menengok Dubai Safari Park yang Dibangun di Bekas Tempat Pembuangan Sampah

Berita terkait: