8 Manfaat Push Up Sebelum Tidur, Bisa Bentuk Otot Bagian Atas Tubuh

Tahukah kalian manfaat push up sebelum tidur ternyata cukup baik bagi tubuh. Olahraga ringan ini memiliki begitu banyak manfaat kala dilakukan sebelum tidur. Apalagi push up bisa dilakukan di mana saja. Push up sendiri merupakan salah satu olahraga yang lebih fokus pada gerakan sederhana membentuk otot perut.

Melakukannya dengan benar, push up mampu membantu kalian memiliki otot perut yang semakin kuat. Menariknya, push up juga bisa menjadi cara satu diet yang cukup efektif bila dilakukan secara rutin. Lantas apa saja manfaat push up sebelum tidur?

Melansir dari Liputan6.com, Jumat (16/10/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Membakar Kalori

Manfaat push up sebelum tidur yang pertama adalah membantu membakar kalori. Tahukah kalian melakukan olahraga ringan push up mampu membakar hingga 2 kalori pada tubuh. Sehingga push up cocok bagi kalian yang tengah menjalani program diet.

Tak heran, push up juga bisa dijadikan sebagai olahraga fisik yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, gerakan sederhana push up bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

up

bodybuilding.com

Tingkatkan Proses Metabolisme

Manfaat push up sebelum tidur yang kedua yakni membantu meningkatkan proses metabolisme. Hal ini karena sistem kerja otot ikut terlatih jika dilakukan secara rutin. Jika sudah begitu, aliran tubuh pun juga kian menjadi lancar. Nantinya hal ini juga akan mempengaruhi suplai oksigen dan aliran darah menjadi lebih baik.

Selain itu, juga bisa mempengaruhi metabolisme menjadi lebih lancar. Lancarnya sistem metabolisme membuat racun dan lemak dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan cepat. Sistem metabolisme lancar juga bisa membuat kalian terhindar dari masalah obesitas atau kegemukan akibat bahan makanan yang lambat diolah di dalam.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat push up sebelum tidur yang ketiga yaitu menjaga kesehatan jantung. Melakukan gerakan sederhana push up sebelum tidur rupanya bisa meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung.

Sehingga hal itu akan membantu dalam menghilangkan plak yang menempel di pembuluh darah. Selain itu juga membantu kesehatan kinerja organ jantung. Untuk itu, lakukanlah olahraga push up sebelum tidur secara teratur.

001 siti rutmawati

©www.menshealth.co.uk

Bentuk Otot Tubuh Bagian Atas

Ingin membentuk otot bagian atas tubuh? Lakukanlah push up sebelum tidur secara rutin. Sebab, salah satu manfaat push up sebelum tidur adalah membantu mendapatkan otot bagian atas. Terlebih pada otot bagian luar lengan atas (triceps) dan dada.

Meski lebih fokus pada bagian atas, push up juga mampu memperkuat otot bagian tubuh lainnya. Mulai dari otot perut, punggung hingga tungkai. Karena otot-otot tersebut akan ikut aktif jika kalian melakukan gerakan push up. Sehingga bagi kalian yang ingin membentuk otot tubuh, bisa melakukan gerakan push up secara rutin.

Perbaiki Postur Tubuh

Selain membentuk otot, manfaat push up sebelum tidur lainnya adalah dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Mendapatkan postur tubuh ideal tentu menjadi dambaan sebagian besar orang. Dengan postur tubuh ideal, bisa membuat tingkat percaya diri kalian semakin meningkat. Terlebih saat bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Oleh karenanya, kalian harus berusaha leih keras untuk memiliki postur tubuh ideal. Salah satunya dengan melakukan olahraga push up sebelum tidur. Dengan melakukannya secara teratur, dapat mempengaruhi perkembangan postur tubuh menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat membuat tubuh kalian menjadi lebih sehat dan bugar.

ilustrasi osteoporosis

©©shutterstock.com/Maria Sbytova

Kurangi Risiko Osteoporosis

Manfaat push up sebelum tidur berikutnya adalah membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis. Aktivitas yang padat setiap harinya dan ditambah usia kian bertambah tentu bisa mempengaruhi kekuatan tulang kalian. Tentu tidak mau dong menderita penyakit osteoporosis. Oleh karenanya, setiap orang dianjurkan untuk berolahraga ringan demi menjaga kekuatan tulang.

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah push up. Selain dengan push up, bantuan asupan kalsium setiap harinya juga diperlukan. Menjaga pola makan sehat setiap harinya juga sebaiknya dilakukan. Tujuannya akan tulang kalian terhindar dari pengeroposan atau mengalami penyakit osteoporosis.

Tingkatkan Mood di Pagi Hari

Ingin meningkatkan mood di pagi hari? Salah satu caranya adalah kalian melakukan gerakan push up sebelum tidur. Ini menjadi manfaat push up sebelum tidur selanjutnya. Sejumlah penelitian membuktikan, terbiasa push up sebelum tidur membantu kalian memiliki suasana hati lebih bahagia keesokan harinya.

Jika sudah begitu, kalian akan lebih bersemangat menjalani rutinitas keesokan harinya. Maka dari itu, ada baiknya kalian melakukan olahraga push up sebelum tidur. Tujuannya agar kalian bisa bekerja lebih semangat dan efektif di pagi harinya.

ilustrasi cedera tulang belakang

©2019

Cegah Cedera Bahu dan Punggung Bawah

Manfaat push up sebelum tidur yang terakhir yaitu membantu mencegah cedera bahu dan punggung bawah. Kalin bisa terhindar dari masalah cedera secara efektif bila melakukan push up rutin. Bukan tanpa alasan yang tak jelas.

Gerakan push up mampu membuat otot-otot tubuh menjadi lebih stabil. Olahraga ringan ini juga akan mendukung kekuatan otot primer serta sekunder. Terutama pada bagian bahu dan punggung bawah kalian. Otot-otot inilah yang akan mencegah terjadinya cedera. Selain itu juga mengurangi efek cedera yang terjadi di bahu dan punggung bawah.

Berita terkait: