8 Destinasi Wisata di Subang yang Perlu Dikunjungi, Sejuk dan Memanjakan Mata

Wisata di Subang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Salah satu daerah di Jawa Barat ini masih menyimpan banyak keindahannya di berbagai destinasi wisata alam.

Cuaca yang sejuk ditambah pemandangan alamnya yang masih asri menjadikan Subang hingga saat ini masih menjadi primadona di hati wisatawan.

Subang sendiri merupakan secara geografis berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di timur, Laut Jawa di utara, Kabupaten Sumedang di sisi tenggara, Kabupaten Bandung Barat di sisi selatan, dan Kabupaten Purwakarta serta Karawang di sisi barat.

Hal tersebut membuat wilayah Subang menjadi cukup variatif dan banyak memiliki lokasi wisata yang menarik. Dari mulai pegunungan, air terjun, hingga pantai yang dapat memanjakan mata.

Lantas, apa saja destinasi wisata Subang yang wajib dikunjungi bersama keluarga tersebut? Simak 8 destinasi wisata di Subang yang sebaiknya Anda ketahui, dirangkum dari berbagai sumber.

Mata Air Aqua

Destinasi wisata di Subang pertama yang wajib dikunjungi adalah mata air Aqua. Mata air tersebut tak lain merupakan sumber produksi utama dari perusahaan air minum Aqua yang kemudian didistribusikan hingga ke seluruh pelosok negeri.

Warga sekitar lokasi mata air pun tak kalah kreatif, sebab air limbah produksi minuman dalam kemasan tersebut lantas dimanfaatkan secara lebih lanjut sebagai destinasi wisata. Warga setempat pun menyulap air tersebut sebagai salah satu lokasi pemandian atau kolam yang menyegarkan.

Mata air Aqua tersebut tak lain terletak di daerah Cipondok, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jika Anda berniat untuk berkunjung, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

sumber mata air aqua cipondok

YouTube kita keluar rumah ©2020

Wisata Pemandian Air Panas Ciater

Wisata di Subang yang cukup terkenal adalah wisata pemandian air panas Ciater. Hal ini lantaran wisatawan dapat menikmati sumber air mata panas yang berasal langsung dari kawah Gunung Tangkuban Parahu.

Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini juga gemar menghabiskan waktu berjam-jam untuk berendam air panas di dalam kolam serta kamar rendam yang tersaji. Dilansir dari Liputan6 , wisata yang satu ini terletak di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Tangkuban Parahu

Lokasi wisata di Subang yang ketiga adalah Gunung Tangkuban Parahu. Destinasi wisata yang satu ini mungkin sudah tak terdengar asing di telinga banyak orang. Tangkuban Parahu sendiri merupakan sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bukan hanya Kawah Tangkuban Parahu saja, wisatawan pun juga dapat menikmati suguhan pemandangan alam dari Kawah Domes, Kawah Ratu, Kawah upas, Kawah Baru, Kawang Lanang, Kawah Juirig, Kawah Ecoma, Kawah Jarian, Kawah Siluman, hingga Kawah Pangguyangan Badak.

tangkuban perahu

©2012 Merdeka.com/andrian salam wiyono

Penangkaran Buaya Blanakan

Tak hanya berwisata alam, Anda juga dapat berkunjung pada salah satu wisata di Subang yang sedikit berbeda. Subang pun juga menyajikan destinasi wisata berupa penangkaran buaya Blanakan yang tepatnya berlokasi di Kecamatan Blanakan.

Selain itu, di lokasi ini wisatawan pun tetap bisa menikmati situasi sembari berwisata kuliner. Hidangan khas Tanah Pasundan pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Capolaga Adventure Camp

Capolaga Adventure merupakan destinasi wisata di Subang yang cukup populer. Hal ini lantaran lokasi wisaat ini menyajikan keindahan alam yang dapat dinikmati sembari berkemah bersama orang-orang terdekat.

Keindahan alamnya tersebut disajikan oleh tiga air terjun yang bernama Air Terjun Sawer, Air Terjun KArembong, dan Air Terjun Goa Badak. Selain itu, Anda pun dapat memiliki waktu yang berkualitas bersama orang terdekat dengan menikmati beragam fasilitas berupa spot foto, adventure spot, out bound, dan lain sebagainya.

wisata di subang

Liputan6.com ©2020

Curug Cibareubeuy

Curug Bibareubeuy merupakan lokasi wisata di Subang selanjutnya yang dapat Anda kunjungi. Pada dasarnya, wisata ini berlokasi di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Curug yang berarti air terjun tersebut merupakan sajian utama dari destinasi wisata ini. Air terjun yang berketinggian 40 m tersebut juga dilengkapi dengan berbagai daya tarik lainnya seperti situs purbakala, area bumi perkembangan, hingga hutan pinus.

Pantai Tanjung Cirewang

Wisata di Subang yang tak kalah menariknya adalah Pantai Tanjung Cirewang atau Teluk Sidaon. Pantai ini sebenarnya tak lain merupakan tanah timbul yang terbentuk seluas 500m2 dan membentang hingga timur ke barat. Untuk sampai ke lokasi ini, wisatawan biasanya harus menaiki perahu nelayan untuk melewati sungai di tengah hutan mangrove yang terjaga.

wisatawan di pantai anyer

©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Pantai Pondok Bali

Wisata di Subang yang terakhir adalah Pantai Pondok Bali. Salah satu daya tarik dari destinasi wisata ini adalah pasir putih yang membentang luas sejauh mata memandang. Pantai Pondok Bali tersebut berlokasi di Desa Mayangan, Legonkulon, Subang, Jawa Barat. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati deburan ombak yang menenangkan sembari menikmati kuliner ataupun sekedar bersantai bersama keluarga.

Berita terkait: