7 Manfaat Kolagen bagi Kesehatan dan Kecantikan, Protein Penting Penyusun Tubuh

Manfaat kolagen selama ini lebih dikenal sebagai suplemen kecantikan dan kesehatan kulit. Zat yang secara alami ditemukan di tulang, kornea hingga gigi ini ternyata memiliki manfaat luar biasa lain.

Kolagen termasuk sejenis protein yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan, dari tulang, tulang rawan hingga kulit, rambut, mata, dan sistem pencernaan. Serta membantu pembekuan darah.

Namun bagi yang ingin menambahkan suplemen, sebaiknya tetap pada porsi secukupnya. Sebab terdapat kerugian universal dari suplemen kolagen bila dikonsumsi berlebihan. Secara alami, tubuh manusia dapat memproduksi kolagen sendiri secara konsisten. Kemudian berkurang seiring pertambahan usia.

Wajar bila banyak produk dijual bebas yang menawarkan manfaat kolagen demi mempertahankan kesehatan dan kecantikan di usia lanjut. Tak jarang wanita muda ikut memburu, demi menjaga elastisitas sebagai upaya pencegahan.

Berikut beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan dan kecantikan, selaku protein penting penyusun tubuh.

Menghaluskan Kerutan dan Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat kolagen yang pertama dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat ialah mampu menghaluskan kerutan. Serta meningkatkan elastisitas kulit sejak muda. Melansir dari Everydayhealth , sebuah studi yang diterbitkan Januari 2019 di Journal of Drugs in Dermatology.

Para peneliti menganalisis 11 studi acak terkontrol plasebo, terhadap lebih dari 800 pasien yang mengonsumsi kolagen hingga 10 gram per hari dengan tujuan meningkatkan kesehatan kulit.

Hasilnya, suplemen tersebut terbukti meningkatkan elastisitas kulit, membantu mempertahankan kelembapan dengan lebih baik, dan meningkatkan kepadatan serat kolagen di dalam kulit. Sehingga dikatakan, 10 gram per hari sudah mencukupi kebutuhan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Tingkatkan Massa Otot

ilustrasi otot bisep

©2012

Manfaat kolagen berikutnya ternyata baik dalam meningkatkan massa otot. Dilansir dari National Institutes of Health , penelitian tahun 2019 pada pria yang aktif latihan ketahanan.
Kombinasi suplemen peptida kolagen dan latihan kekuatan meningkatkan massa dan kekuatan otot lebih dari sekedar plasebo.

Studi telah menunjukkan bahwa peptida kolagen yang sebagian besar mengandung asam amino non-esensial, meningkatkan massa bebas lemak (FFM) dan kekuatan pada pria sarcopenic (hilangnya kekuatan otot, bagian dari proses penuaan).

Dikutip dari Healthline , antara 1–10 persen jaringan otot terdiri dari kolagen. Protein ini diperlukan untuk menjaga otot tetap kuat dan berfungsi dengan baik.

Mengatasi Radang Sendi

Siapa sangka ternyata protein penting kolagen sangat baik dalam membantu meredakan radang sendi. Dikutip dari Healthline , sebuah penelitian pada hewan tahun 2017 melihat efek pemberian suplemen kolagen pada tikus dengan osteoartritis pasca-trauma (PTOA).

Hasilnya menunjukkan bahwa suplementasi mungkin memainkan peran protektif dalam perkembangan penyembuhan. Diamati pada cedera sendi lutut, dengan peningkatan tergantung dosis pada area tulang rawan, dan jumlah kondrosit. Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan.

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi suplemen kolagen bisa membantu memperbaiki gejala osteoartritis. Serta mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Mencegah Tulang Keropos

Masih dari lansiran yang sama, manfaat kolagen selanjutnya baik dalam mencegah tulang keropos. Sebagian besar tulang terbuat dari kolagen, yang memberi mereka struktur dan membantu membuatnya tetap kuat.

Sehingga kolagen yang tercukupi, akan mengurangi risiko osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang melemah. Serta terkait dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen mungkin memiliki efek tertentu dalam tubuh yang membantu menghambat kerusakan tulang.

Pada akhir penelitian, wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium dan kolagen, memiliki kadar protein dalam darah yang secara signifikan lebih rendah mendorong kerusakan tulang, daripada hanya mengonsumsi kalsium saja.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

ilustrasi jantung

Shutterstock ©2020

Para peneliti berteori bahwa mengonsumsi suplemen kolagen mampu membantu mengurangi risiko kondisi terkait penyakit jantung. Kolagen menyediakan struktur pada arteri untuk mencegahnya lemah dan rapuh.

Dalam sebuah penelitian, 31 orang dewasa yang sehat mengonsumsi 16 gram kolagen setiap hari selama 6 bulan. Pada akhirnya, mereka mengalami penurunan yang signifikan pada kekakuan arteri.

Mengurangi Selulit

Manfaat kolagen berikutnya bisa Anda peroleh bagi kecantikan ialah mengurangi selulit. Kondisi kulit saat jaringan lemak mendesak ke atas menembus serat hingga ke lapisan teratas. Sehingga kulit terasa kasar, bergelombang, kering, dan sesekali gatal.

Dilansir dari Hellosehat , suplemen kolagen bisa membantu mengurangi selulit. Bekerja langsung dari dalam tubuh, berfungsi mempercepat proses perbaikan dan regenerasi dari serat dalam kulit yang rusak.

Manfaat Kolagen bagi Kesehatan Lain

Selain yang telah disebutkan di atas, masih terdapat beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan lain yang masih dalam proses penelitian secara ekstensif. Berikut manfaat kolagen bagi kesehatan lain, dilansir dari Healthline :

1. Meningkatkan Kekuatan Rambut dan Kuku

Suplemen kolagen mampu menjaga kesehatan rambut. Karena mampu melawan radikal bebas yang memengaruhi tekstur, pertumbuhan, dan ketebalan rambut. Selain itu mencegah kerapuhan kuku, serta merangsang pertumbuhan rambut dan kuku Anda lebih cepat panjang.

2. Kesehatan Usus

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Namun beberapa praktisi kesehatan mempromosikan penggunaan suplemen kolagen untuk mengobati permeabilitas usus atau sindrom usus bocor.

3. Penurunan Berat Badan

Beberapa percaya bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan penurunan berat badan dan metabolisme yang lebih cepat. Meskipun efek potensial ini menjanjikan, sebab masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Itulah beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan dan kecantikan yang patut diketahui. Sebagai bentuk mencegah, sekaligus menjaga stamina tubuh seiring pertambahan usia. Semoga bermanfaat.

[kur]

Baca Selanjutnya: Menghaluskan Kerutan dan Meningkatkan Elastisitas…

Halaman

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4