6 Hari Pencarian, SAR Gabungan Peroleh 239 Bagian Tubuh Jenazah

Kabasarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito menyebutkan sejak operasi pencarian kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu (9/1/2021) hingga Kamis (14/1/2021) telah mengumpulkan total 239 potongan tubuh jenazah.

“Sampai operasi pencarian hari keenam, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 239 human body remain , 40 material kecil dan 33 material besar pesawat,” ujar Bagus Puruhito, Kamis (14/1/2021) malam di Posko Terpadu kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Ia menyebutkan operasi SAR hari ini, obyek pencarian dievakuasi oleh KN Karna Basarnas, KP Pelatuk Polairud, Bakamla RI, RIB-03 Basarnas, dan KRI Tjiptadi.

Seluruh obyek pencarian tersebut setelah ditindaklanjuti tim DVI terurai menjadi 98 bagian tubuh. Sementara tim KNKT mengurai 9 material pesawat besar dan 5 material kecil.

“Cuaca hari ini cukup bagus. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim SAR gabungan, yang terlibat dalam operasi ini, mulai dari unsur TNI, Polri, Bakamla, KPLP, dan semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu,” tambah Bagus Puruhito

Terkait rencana operasi SAR hari ke-7, Jumat (15/1/2021) besok, Bagus Puruhito mengungkapkan rencana operasi kurang lebih masih sama dengan operasi hari keenam.

“Apakah operasi SAR akan dihentikan atau diperpanjang setelah tujuh hari. Kami akan melihat perkembangan dan dinamika yang terjadi di lapangan. Besok akan kami umumkan,” tandas Bagus Puruhito.

Berita terkait: