5 tips bagi UMKM buat dagangan laris manis di masa Ramadhan

Jakarta – Tak terasa Ramadhan tinggal menghitung hari, menuju perayaan Bulan yang suci itu biasanya muncul geliat- geliat ekonomi yang bertumbuh.

Bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM), momen Ramadhan tak boleh dilewatkan karena dapat menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih

“Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi,”kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Untuk itu Tokopedia memberikan lima tips bagi para pelaku UMKM sehingga dagangannya dapat laris manis di tengah Ramadhan kali ini:

1.Cek Tren Produk yang laris
Mencari tahu produk yang tengah laris di pasaran menjadi kunci agar UMKM dapat meningkatkan penjualannya di tengah momen Ramadhan.

Bagi pelaku UMKM yang berjualan di Tokopedia, anda dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar yang merupakan fitur bantuan untuk melihat kata kunci yang sering digunakan pembeli, hingga inspirasi tren produk.

2.Percantik tokomu
Baik berjualan daring maupun langsung, mempercantik toko adalah hal yang baik untuk menarik pelanggan untuk membeli produk.

Bagi pelaku UMKM di Tokopedia, anda bisa meningkatkan toko dengan meng- upgrade toko sehingga bisa mendapatkan fitur “Dekorasi Toko” yang tentunya membantu anda untuk mempercantik toko.

3.Beri promo gratis ongkos kirim
Bebas Ongkos Kirim dapat meningkatkan penjualan bahkan dapat menjangkau lebih banyak pembeli antar pulau.

Apalagi di masa Ramadhan untuk kategori kebutuhan sehari- sehari konsumsi dan penjualannya cukup meningkat.

4.Siapkan opsi parsel Ramadhan
Jika melihat data yang dihimpun pada 2020, Tokopedia mencatat ada peningkatan penjualan parsel makanan hingga 4 kali lipat.

Untuk itu Tokopedia menghadirkan halaman khusus bernama Parsel Ramadhan di mana penjual dapat ikut menjual paket parselnya sehingga lebih mudah menjangkau para pembeli parsel.

5.Manfaatkan sosial media untuk promosi
Promosi melalui sosial media juga dapat meningkatkan penjualan UMKM di tengah Ramadhan.

Pemberian promo yang diumumkan melalui media sosial dapat menarik minat pembeli untuk melakukan transaksi.

5 tips itu diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk dapat membuat jualannya laris manis di masa Ramadhan yang masih berjalan berbarengan dengan pandemi COVID-19.

Baca juga: Kemarin, klip baru BTS hingga kerja sama Gojek & Tokopedia

Baca juga: Penjualan di Pasar rakyat Tasikmalaya naik 4 kali berkat e-commerce

Baca juga: Gojek-Tokopedia jalin kerja sama dukung pelanggan di bulan Ramadhan

Berita terkait: