5 Hal yang Haram Dilakukan ketika kamu Mengalami Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan masalah kesehatan yang bisa membuatmu sangat menderita. Kondisi ini bisa membuatmu sulit buang air besar sehingga menyebabkan terjadinya masalah kesehatan lebih lanjut.

Masalah pencernaan ini juga merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi. Kondisi ini sama sekali tidak kamu inginkan dan sebaiknya juga dicegah sebisa mungkin.

Sejumlah hal bisa menjadi penyebab terjadinya konstipasi ini. Sejumlah hal seperti dehidrasi, kurangnya asupan serat, stres, serta tingginya asupan produk olahan susu menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

beberapa kebiasaanmu sehari-hari bisa jadi memperburuk konstipasi yang kamu alami. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan ketika konstipasi dan bisa memperburuk kondisimu.

1. Konsumsi Makanan Olahan

Secara umum, makanan olahan merupakan salah satu makanan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun hal ini semakin haram dilakukan ketika kamu konstipasi.

Makanan olahan dan junk food memiliki kandungan lemak yang tinggi dan bisa memperlambat pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman ini. Terdapat juga kandungan fruktan, karbohidrat yang membuat makanan lebih lama ketika dicerna. Oleh karena itu, ketika tengah mengalami konstipasi, pastikan untuk menghindari konsumsi mi instan atau makanan kemasan agar masalah ini tidak semakin memburuk.

Kurang Gerak dan Konsumsi Olahan Susu

dan konsumsi olahan susu

2. Kurang Gerak

Ketika kamu merasa tak nyaman dan terus kenyang, kamu mungkin ingin terus bermalas-malasan. Namun kurangnya gerak ini justru bisa memperlambat makanan dicerna.

Lakukan sejumlah aktivitas fisik yang ringan untuk mencegah masalah lebih parah. Hal ini juga bisa membantu dalam mempercepat proses pencernaan dan melancarkan konstipasi yang kamu alami.

3. Konsumsi Olahan Susu

Produk olahan susu diketahui bisa membuatmu merasa kembung dan mengalami konstipasi. Pada saat kamu sudah mengalami konstipasi, konsumsi produk olahan susu bisa membuat kondisimu semakin memburuk.

Perut kembung terjadi karena kurangnya enzi laktase di usus yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa di olahan susu menjadi gula sederhana yang bisa dicerna oleh usus kecil. Hal ini bisa terjadi dari seluruh produk olahan susu baik yogurt, susu, maupun es krim.

Konsumsi Pereda Nyeri, Alkohol, dan Kafein

nyeri alkohol dan kafein

4. Konsumsi Pereda Nyeri

Sejumlah obat yang kamu konsumsi sehari-hari bisa memperburuk konstipasi yang kamu alami. Hal ini terutama pada obat pereda nyeri yang memperlambat kontraksi dalam sistem pencernaan. Jika usai mengonsumsi obat kamu sering mengalami konstipasi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

5. Konsumsi Alkohol dan Kafein

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya konstipasi. Kondisi ini bisa diperburuk dengan konsumsi alkohol sehingga tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan.

Efek serupa juga dapat kamu peroleh dari konsumsi teh dan kopi. Oleh karena itu, ketika kamu tengah mengalami konstipasi, sebaiknya hindari alkohol dan kafein.

Baca juga:
Kenali Penyebab serta Cara Mengatasi Munculnya Jerawat di Telinga
Begini Tips agar Berat Badan Tidak Melonjak pada Masa Pandemi COVID-19
Perlukah Kita Menggunakan Handuk yang Sama untuk Wajah dan Badan?
Masalah Kesehatan Rentan Dialami Anak saat Pancaroba, Ini Cara Mencegahnya
Begini Cara Siasati ketika Anak Sulit Tidur di Malam Hari
Ketahui 3 Tips untuk Mempersiapkan Diri jelang Vaksinasi COVID-19

Berita terkait: