5 Fakta Menarik di Balik Daftar Orang Terkaya Dunia 2021 Versi Forbes

Forbes telah mengeluarkan daftar orang terkaya dunia 2021. Banyak fakta menarik di balik daftar orang terkaya tahun ini.

Dilansir dari Forbes, meski di tengah pandemi, total jumlah orang terkaya justru bertambah 660 orang dibanding 2020 menjadi 2.755. Di mana, total kekayaan mereka naik dari USD 8 triliun menjadi USD 13,1 triliun hanya dalam setahun.

Daftar tahun ini turut mencatatkan rekor. Salah satunya pendatang atau orang terkaya baru terbanyak yakni sebanyak 493 orang.

“Angka tersebut setara dengan 1 orang terkaya baru muncul dalam 17 jam,” tulis Forbes.

Orang terkaya baru tersebut di antaranya sebanyak 210 orang berasal dari China dan Hong Kong. Sementara, 98 orang berasal dari Amerika Serikat.

Peringkat teratas orang terkaya pendatang baru ialah Miriam Adelson dari Nevada dengan kekayaan USD 38,2 miliar.

Berikut sejumlah fakta menarik lainnya yang dirangkum dari daftar orang terkaya 2021 versi Forbes.

1. 86 Persen Orang Terkaya Semakin Kaya di Tengah Pandemi

persen orang terkaya semakin kaya di tengah pandemi.gif

Forbes mencatat 86 persen penghuni daftar orang terkaya dunia semakin kaya di tengah badai pandemi 2020. Di mana, 250 orang yang sebelumnya terlempar dari daftar 2020 kini berhasil bergabung kembali.

Jeff Bezos selama 4 tahun berturut-turut jadi orang terkaya dunia dengan total nilai USD 177 miliar, atau naik USD 64 miliar dari tahun lalu berkat melonjaknya saham Amazon.

Kenaikan juga dialami Bos Tesla Elon Musk, yang merangsek naik ke posisi kedua dengan USD 151 miliar, meroket USD 126,4 miliar dari tahun lalu.

Kenaikan saham Tesla sebesar 705 persen jadi alasan utama Musk naik dari posisi 31 pada tahun lalu dengan kekayaan USD 24,6 miliar.

2. 4 Orang Berharta Lebih dari USD 100 Miliar

orang berharta lebih dari usd

Tahun ini ada empat orang dengan kekayaan USD 100 miliar atau lebih. Selain Bezos dan Musk, taipan barang mewah Perancis Bernard Arnault kekayaannya naik hampir dua kali lipat menjadi USD 150 miliar dari USD 76 miliar.

Bertambahnya kekayaan Arnault berkat kenaikan 86 persen pada saham LVMH, pemilik brand ternama termasuk Louis Vuitton, Christian Dior dan kosmetik pengecer Sephora

Ada juga pendiri Microsoft Bill Gates yang menempati peringkat ke-4 dengan kekayaan USD 124 miliar.

3. Negara Penghasil Orang Terkaya Terbanyak

penghasil orang terkaya terbanyak

Amerika Serikat masih jadi negara dengan jumlah miliarder terbanyak dengan 724 orang, naik dari catatan tahun lalu dengan 614 orang. Namun China menutup kesenjangan dengan memasok total 698 miliarder pada daftar kali ini, termasuk 71 diantaranya dari Hong Kong dan 1 dari Makau.

India memiliki jumlah miliarder tertinggi ketiga dengan 140 orang. Secara keseluruhan, 1.149 miliarder dari negara-negara Asia-Pasifik memiliki kekayaan USD 4,7 triliun, unggul dari total jumlah milik miliarder AS dengan USD 4,4 triliun.

4. Orang Terkaya Paling Muda dan Tua

terkaya paling muda dan tua

10 orang terkaya paling muda ini memiliki kekayaan kolektif USD 29,5 miliar, lebih besar USD 13 miliar dibandingkan setahun yang lalu. Miliarder termuda saat ini adalah Kevin David Lehmann, asal Jerman yang baru berusia 18 tahun.

Ayahnya, Guenther Lehmann, mewariskan saham di toko obat Jerman. Kekayaan mencapai USD 3,3 miliar dan berada di peringkat 925.

Sementara, orang terkaya tertua ialah miliarder asuransi George Joseph. Usianya saat ini mencapai 99 tahun.

5. 61 Orang Keluar dari Daftar, Terendah dalam 10 Tahun Terakhir

orang keluar dari daftar terendah dalam 10 tahun terakhir.gif

Forbes mencatat 61 orang miliarder keluar dari daftar orang terkaya dunia 2021. Angka ini menjadi yang terendah dalam 10 tahun terakhir.

Nama tenar dalam daftar orang yang terdepak ialah Kylie Jenner dan Gubernur Virginia Barat Jim Justice.

Di sisi lain, 23 miliarder meninggal selama 2020. Termasuk Benjamin de Rothschild, Joseph Safra, dan Sheldon Adelson.

 

Baca juga:
Daftar 4 Orang Terkaya Dunia Berharta Lebih dari Rp1.400 Triliun
Kekayaan Pecah Rekor, Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya Dunia
Rahasia Tipe Pegawai yang Selalu Menjadi Incaran Perusahaan
Jadi Bos Perusahaan Judi Online, Wanita Ini Kantongi Gaji Rp9,4 Triliun Setahun
Ma Huateng Kembali Jadi Orang Terkaya di China, Hartanya Capai Rp921 T
Kasus Korupsi BLBI Di-SP3, Sjamsul Nursalim Berharta Rp 10,9 T & Miliki Gurita Bisnis

Berita terkait: