5 Cara Mengusir Cicak, Gampang dan Cepat!

– Sebagian orang menganggap cicak adalah mimpi buruk yang bahkan tidak ingin dilihat. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengusir dan mencegah cicak masuk ke dalam rumah. Cara mengusir cicak sendiri dapat memanfaatkan aroma dari beberapa barang yang cukup mudah ditemukan.

Anda bisa meletakkan beberapa benda dan melakukan pengaturan suhu secara sederhana. Untuk membantu Anda mengetahui cara mengusir cicak yang ampuh, Anda bisa lihat beberapa poinnya di bawah ini.

1. Aroma Bawang Putih

Bawang Putih, Salah Satu Makanan Antikanker. (Shutterstock)
Bawang Putih, aroma bawang putih tidak disukai cicak. (Shutterstock)

Aroma khas bawang putih ternyata menjadi salah satu aroma yang tidak disukai oleh cicak. Dengan begini, meletakkan beberapa siung bawang putih di area-area yang rawan cicak bisa membantu Anda mengusir reptil rumahan ini.

Baca Juga: Nyanyi Cicak di Dinding Pakai Qolqolah, Ustaz Syam Bantah Lecehkan Al-Quran

Titik yang biasa jadi tempat masuk cicak seperti sela-sela pintu, ventilasi, dan berbagai sudut kecil lain bisa diberikan beberapa siung agar cicak tidak masuk ke rumah.

2. Kopi Bubuk

Jenis aroma lain yang ternyata kurang disukai cicak adalah aroma dari kopi hitam bubuk yang bisa dengan mudah ditemukan di warung atau toko terdekat.

Aroma kopi sendiri banyak dijadikan alternatif karena cukup bersahabat di hidung manusia, sehingga tidak terlalu mengganggu ketika harus ditempatkan di beberapa sudut sekaligus. Ingat, gunakan kopi hitam bubuk dan bukan pengharum ruangan dengan wangi kopi.

3. Mengusir Cicak dengan Udara Dingin

Baca Juga: Hiiiy… Orang Ini Temukan Cicak di Minuman Boba, Settingan?

5 Cara Mengusir Cicak, Gampang dan Cepat! - 2
Cicak tidak nyaman di ruangan dingin – ilustrasi AC

Sadar atau tidak, ruangan yang menggunakan AC sangat jarang didatangi cicak. Pasalnya, suhu dingin yang ada di ruangan tersebut membuat cicak tidak nyaman, sehingga mereka enggan masuk ke ruangan tersebut.

Ruangan ber-AC juga biasanya tertutup rapat sehingga celah yang bisa digunakan untuk cicak masuk tidak banyak.

4. Mengusir Makanan Cicak

Salah satu hal yang membuat cicak masuk ke dalam rumah adalah keberadaan nyamuk atau serangga yang secara alami adalah makanan cicak. Satu cara ampuh menghilangkan cicak dari area rumah adalah dengan mengusir nyamuk atau serangga.

Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menghilangkan dua gangguan sekaligus, serangga dan cicak. Anda juga bisa menggunakan banyak cara mulai dari cara alami hingga menggunakan obat semprot atau bakar.

5. Cara Mengusir Cicak dengan Cangkang Telur

Well, mungkin akan sedikit mengganggu indera penciuman, tapi cangkang telur yang tidak dicuci bisa jadi cara ampuh mengusir cicak dari rumah Anda. Ya, setelah memasak telur, jangan buang cangkangnya ke tempat sampah.

Letakkan cangkang telur di titik-titik tempat cicak biasa muncul. Bau menyengatnya akan membuat cicak enyah dan tidak kembali lagi. Hanya saja, ingat untuk lekas membuangnya ketika bau dari cangkang telur sudah mulai tidak enak ya!

Itu tadi cara efektif dan sederhana untuk mengusir cicak dari rumah Anda. Anda bisa mencoba cara tersebut, dan semoga berhasil. 5 cara mengusir cicak ini tidak memerlukan bahan yang sulit ditemukan, jadi Anda bisa mencobanya kapan saja.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Berita terkait: