5 Cara Menangkal Maskne yang Menghantui saat Pandemi

Masih tingginya angka penyebaran virus covid-19 membuat masyarakat masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Masker menjadi barang yang tidak boleh dilewatkan ketika keluar rumah. Namun, pemakaian masker yang terlalu sering ternyata menyebabkan beberapa masalah kulit, terutama bagi para perempuan.

Maskne merupakan musuh utama saat menggunakan masker. Masker yang bergesekan dengan kulit menyebabkan wajah menjadi lebih berminyak dan menimbulkan jerawat. Terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung sensitif. Tak hanya itu, maskne juga disebabkan karena kulit alergi dengan bahan masker yang digunakan. Yuk simak cara menangkal maskne saat pandemi ini, seperti yang dilansir dari fimela.com

1. Gunakan masker yang berbahan lembut
Gunakan masker yang berbahan lembut seperti kain katun 3 lapis. Masker 3 lapis merupakan anjuran dari pemerintah karena dianggap mampu untuk mencegah penyebaran virus corona, dan tidak menyebabkan kelembapan udara di area wajah.
Kain katun bisa membantu menyerap keringat dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Saat menggunakan masker, usahakan untuk selalu mengganti setiap 4 jam sekali atau minimal satu hari sekali.

2. Jangan menggunakan makeup berat
Penggunaan makeup tebal seperti foundation bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Penggunaan make up berat bisa menyumbat pori-pori wajah dan memicu munculnya jerawat.

Untuk menangkal maskne, gunakan makeup seminimal mungkin, seperti bedak yang mampu untuk mengurangi produksi minyak. Tapi, jika tidak terlalu dibutuhkan sebisa mungkin hindari penggunaan complexion. Agar wajah terlihat lebih cantik dan segar, gunakan makeup pada bagian mata seperti menggunakan eyeshadow yang disesuaikan dengan warna outfit mu hari itu.

3. Gunakan skincare pagi dan siang

Sebelum melakukan aktifitas terutama diluar rumah, jangan lupa menggunakan basic skincare setiap pagi hari. Rutinitas basic skincare bisa dimulai dengan menggunakan toner, serum, pelembab dan jangan lupa menggunakan sunscreen.

Penggunaan skincare rutin cukup membantu mengatasi maskne dengan mengontrol produksi minyak pada wajah. Tak hanya itu, penggunaan skincare pada pagi haru juga sebagai skin barierr dari gesekan masker dan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Mengurangi penggunaan produk eksfoliasi
Kurangi penggunaan produk yang mengandung eksfoliasi, terutama yang memiliki kandungan bahan aktif yang keras. Produk eksfoliasi yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga saat kulit wajah sering bergesekan dengan masker, akan merusak lapisan kulit dan semakin membuat wajah menjadi mudah berjerawat.
jika ingin menggunakan produk eksfoliasi, gunakan facial scrub atau toner eksfoliasi seminggu sekali saja, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak atau kotoran.

5. Gunakan skincare yang berfungsi untuk menghidrasi kulit
Cara yang terakhir, jangan lupa gunakan skincare pada malam hari, dan gunakan produk yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Pilihlah produk yang mengandung hyaluronic acid. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut mampu untuk menjaga kelembapan kulit, meningkatkan produksi kolagen dan membantu menjaga kadar air dalam kulit. Tahapan skincare malam yang harus digunakan adalah double cleansing, toner hidrasi, serum hidrasi, pelembap dan juga sleeping mask.

Selamat mencoba, dan jangan lupa menerapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada yaa.

Baca juga:
Selalu Sediakan Dua wadah Masker untuk Menyimpan dan Membawanya
Tips Penggunaan Masker yang Benar Agar Terhindar dari Covid-19
Kepatuhan Penggunaan Masker di Jakarta Masih di Bawah Standar
CEK FAKTA: Hoaks Terlalu Lama Pakai Masker Bisa Pengaruhi Hasil Rapid dan PCR
Paus Fransiskus Pertama Kali Terlihat Pakai Masker
Terjaring Razia Masker di Palmerah, Siswa SMK Ini Tak Hafal Pancasila

Berita terkait: