47 Orang Terjaring Razia Masker, Ratu Dewa: Sosialisasi Sudah Maksimal

Palembang, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa, mengakui bila sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 27 tahun 2020 tentang Adaptasi Kehidupan Baru Protokol Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19 masih kurang. Akibatnya, banyak warga terjaring razia masker oleh petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP.

Dewa menjelaskan, selain karena ada beberapa miskomunikasi di lapangan, kurangnya kepedulian masyarakat mengenai informasi terbaru yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) menjadi alasan penegakan protokol kesehatan belum berjalan maksimal.

“Kalau ditanya apakah sosialisasi kurang dilakukan, atau sudah maksimal apa belum, jawabannya bisa iya bisa juga tidak,” ujarnya, Kamis (17/9/2020).

1. Sebut Pemkot lakukan sosialisasi di berbagai media

47 Orang Terjaring Razia Masker, Ratu Dewa: Sosialisasi Sudah MaksimalPelanggar Perwali nomor 27 tahun 2020 (/Feny Maulia Agustin)

Dewa juga menjelaskan, Pemkot sudah mengupayakan segalanya mulai dari sosialisasi hingga ke proses pelaksanaan. Seperti penyebaran informasi lewat media massa, dan pemasangan spanduk imbauan bagi masyarakat untuk wajib menggunakan masker.

“Tapi sebenarnya kami sudah melakukan sosialisasi melalui berbagai media seperti baliho, termasuk melibatkan teman-teman di media sosial, cetak, dan elektronik,” kata dia.

Baca Juga: Lepas Masker karena Pengap, Warga di Palembang Ini Disuruh Push Up

2. Pelaksanaan yang kurang efektif di lapangan sebagai saran bagi Pemkot Palembang

47 Orang Terjaring Razia Masker, Ratu Dewa: Sosialisasi Sudah MaksimalAparat lakukan pantauan pelanggar perwali nomor 27 tahun 2020 (/Feny Maulia Agustin)

Ia menyebut, masih adanya pelanggar protokol kesehatan yang terjaring di jalan-jalan dan titik lokasi razia masker, karena pengaruh sosialisasi penegakan sanksi yang belum tersebar luas hingga ke pelosok dan pinggiran Palembang.

“Ini akan menjadi masukan bagi kami selaku pihak Pemkot,” ungkapnya.

Dewa menyampaikan, Pemkot membutuhkan waktu untuk mengevaluasi kesadaran masyarakat. Termasuk menilai tingkat kepatusan warga Palembang terhadap aturan yang telah berlaku.

“Kita imbau kepada masyarakat selalu patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Tentunya kita semua berharap agar pandemik yang terjadi saat ini bisa segera berakhir,” terang dia.

3. Ada 47 pelanggar protokol kesehatan yang terjaring razia

47 Orang Terjaring Razia Masker, Ratu Dewa: Sosialisasi Sudah Maksimal

Bagi Dewa, penjutahan sanksi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya penyebaran COVID-19. Pemkot Palembang akan tegas mengevaluasi Perwali dalam sepekan ke depan.

“Ternyata masih ada masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, ada 47 orang yang terjaring tadi. Artinya razia perlu diperketat lagi ke depan,” tandas dia.

Baca Juga: PSBB Jakarta Tak Berdampak ke Penerbangan Palembang