43 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm Digunakan di Seluruh Dunia

Lebih dari 43 juta dosis vaksin Covid-19 dari China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) yang didukung negara telah digunakan di seluruh dunia.

Seperti dilaporkan Reuters , Senin (22/2), jumlah vaksin Sinopharm itu termasuk lebih dari 34 juta yang diberikan di Tiongkok dan sisanya di luar negeri.

China National Biotec Group Company (CNBG), unit Sinopharm, memiliki dua vaksin Covid-19. Salah satu vaksin dikembangkan oleh unit Beijing dan telah disetujui untuk penggunaan umum umum di Tiongkok dan penggunaan darurat di beberapa negara termasuk Irak, Pakistan dan Maroko.

Vaksin lain, yang dikembangkan oleh unit CNBG di Wuhan, juga telah memperoleh lampu hijau Tiongkok untuk penggunaan darurat yang menargetkan kelompok tertentu yang berisiko terpapar virus lebih tinggi.

BACA JUGA

Mesir Terima 300.000 Dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm

“Sampai sekarang, lebih dari 43 juta dosis vaksin dari Sinopharm CNBG telah digunakan, dengan lebih dari 34 juta dosis telah diberikan di Tiongkok,” kata China Central Television (CCTV) .

Terlepas dari dua produk tersebut, Tiongkok memiliki dua vaksin lain yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech dan CanSino Biologics . Sinovac telah disetujui di luar negeri, karena meningkatkan pasokan untuk negara-negara berkembang yang memerangi lonjakan infeksi virus corona.

Vaksin ini dapat disimpan pada suhu freezer normal, menjadikannya pilihan yang berpotensi menarik bagi banyak negara berkembang, yang kesulitan menggunakan produk saingannya seperti vaksin dari Pfizer dan Moderna, yang membutuhkan suhu lebih dingin untuk penyimpanan jangka panjang.

Kementerian luar negeri menyatakan Tiongkok memberikan bantuan vaksin kepada 53 negara berkembang dan memiliki kesepakatan ekspor dengan 22 negara. Indonesia adalah salah satu pembeli terbesar vaksin Tiongkok dengan kesepakatan 125 juta dosis vaksin Sinovac.

Berita terkait: