4 Masalah yang Bisa Muncul ketika Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Ketika kita tiba di rumah dari bepergian, membersihkan wajah merupakan hal yang seharusnya dilakukan. Hal ini bisa membantu hilangnya debu dan kotoran yang menempel di wajah akibat bepergian.

Bagi para wanita, hal ini harus dilakukan terutama akibat penggunaan make up. Lupa menghapus make up bisa menimbulkan dampak pada kesehatan kulit.

Menempelnya make up pada wajah ini bisa sama dengan menempelnya kotoran di wajah. Oleh karena itu, jangan sampai bosan dan malas dalam membersihkannya.

Tidur tanpa membersihkan make up, baik dilakukan kadang-kadang atau sering dapat menyebabkan banyak masalah pada kulit di bagian wajah. Hal ini bahkan membuat wajah kehilangan kesempatan untuk melakukan pemulihan terutama setelah mengalami tekanan selama seharian.

Terdapat sejumlah dampak buruk yang bisa dialami kulit ketika kamu enggan membersihkan siswa make up di wajah. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah alasan kamu harus membersihkan wajah dari make up sebelum tidur.

Kulit Kering dan Iritasi

dan iritasi

1. Kulit Kering

Make up dapat menutupi pori-pori kulit dan mengurangi perkembangan sebum sehingga kulit menjadi kering dan mempengaruhi tampilanmu secara keseluruhan. Selain itu, lupa membersihkan make up dapat memperlambat proses pembenahan kulit sehingga munculnya kerut serta tampilan wajah yang kelihatan lelah.

2. Iritasi Kulit

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, semakin besar kemungkinanmu memiliki bercak merah atau iritasi kulit dibanding orang lain. Kendati beberapa make up memang dibuat untuk kulit sensitif, namun hal ini tetap dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Tidur tanpa membersihkan make up juga dapat memicu reaksi alergi yang menimbulkan kulit iritasi dan merah.

Masalah Kulit yang Muncul

yang muncul

3. Jerawat

Jika kamu menggunakan make up semalaman, maka pori-pori yang memproduksi sebum yang bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit dan polutan dari kulit bakal tertutup. Ketika sebum yang tertutup ini berpadu dengan zat kimia pada kulit, maka akan muncul jerawat sebagai efek sampingnya.

4. Terhambatnya Peremajaan Kulit

Ketika zat kimia pada make up menempel dalam waktu lama dan tidak segera kamu bersihkan, maka hal ini dapat mencederai kulitmu dan menimbulkan masalah jangka panjang. Zat kimia ini dapat menimbulkan kerut serta tanda penuaan lainnya yang mencegah kulit dari mekanisme peremajaan kulit.

Pastikan untuk menyempatkan sedikit waktu setiap hari untuk membersihkan siswa make up di wajah. Cara sederhana ini bisa sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan kulitmu.

Baca juga:
Ketahui dengan Tepat, Ini Perbedaan Bercak Merah Akibat Kusta dengan Kurap
Cara Menghindari Jerawat Akibat Penggunaan Masker Terlalu Lama
Sering Dianggap Sama, Kenali Perbedaan Antara Sunblock dan Sunscreen
Kenali Alergi Kulit pada Anak dan Ciri yang Menyertainya
Penyebab Munculnya Bau Tak Sedap dari Pusar dan Cara Mengatasinya

Berita terkait: