4 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari untuk Dikonsumsi setelah Berolahraga

Ketika berolahraga, tubuh kita membakar banyak kaloru yang tersimpan di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan seringnya muncul rasa lapar yang luar biasa usai berolahraga.

Namun, sama seperti makanan sebelum berolahraga, makanan sesudah berolahraga juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini terutama karena rasa lapar yang muncul setelah berolahraga sering membuat kita makan berlebihan.

Faktanya, makan secara sembarangan justru bisa membuat hasil olahraga yang kamu lakukan akan terbuang percuma. Padahal, untuk membangun otot lebih besar dan kuat, tubuh memerlukan nutrisi seperti protein dan karbohidrat.

Hal ini membuat kita perlu memperhatikan secara hati-hati makanan yang kita konsumsi. Jangan makan sembarangan untuk mendapat manfaat luar biasa bagi tubuh.

Sejumlah makanan yang perlu kamu hindari ini mungkin sebenarnya biasa kamu konsumsi sehari-hari. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Makanan Tinggi Gula dan Lemak

Makanan manis dan berlemak biasanya bakal ingin kamu konsumsi usai berolahraga dengan keras. Faktanya, menurut Jim White, RD, jenis makanan ini merupakan yang paling buruk untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Usai berolahraga, tubuh memerlukan makanan tepat untuk memulihkan dan membangun otot. Namun makanan tinggi lemak bisa memperlambat pencernaan sehingga menurunkan kemampuan tubuh mengubah karbohidrat menjadi glikogen.

Gorengan

Mengonsumsi gorengan juga mungkin hal yang dilakukan banyak orang setelah berolahraga,. Namun konsumsi gorengan bisa berdampak buruk bagi sistem pencernaan dan bahkan menyebabkan sakit perut.

“Makanan yang sulit dicerna bisa membuatmu kelelahan dan mencegahmu pulih dan kenyang dalam jangka waktu singkat,” terang Bonnie Taub-Dix, MA, RDN, CDN, pakar diet.

Makanan berminyak bisa menyebabkan gejala GERD. Mengonsumsinya setelah berolahraga bisa membuatmu lebih rentan mengalami masalah ini.

Protein Bar Olahan

Protein merupakan sebuah nutrisi yang dibutuhkan setelah berolahraga. Walau begitu, konsumsi protein bar olahan bisa justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebagian protein bar olahan, mengandung pemanis buatan serta kandungan gula yang tinggi. Pemanis buatan bisa mengandung efek pencahar yang menyebabkan kembung dan diare.

Soda dan Alkohol

alkohol

Mengonsumsi soda ketika tubuh kepanasan atau lelah bisa jadi sebuah hal yang sangat menyegarkan. Walau begitu, jenis minuman ini tidak tepat karena tubuh sebenarnya membutuhkan sumber minuman yang layak usai berolahraga.

Makanan tinggi gula bisa membuat upaya olahragamu menjadi percuma. Selain itu, minuman bersoda juga tidak memiliki kandungan nutrisi di dalamnya.

Konsumsi alkohol juga bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk memulihkan diri dan meregenerasi setelah berolahraga. Hal ini juga justru menurunkan energi yang ada di dalam tubuh.

Sejumlah makanan tersebut merupakan jenis yang harus dihindari untuk dikonsumsi setalah berolahraga. Hindari sejumlah makanan ini dan pilih makanan yang lebih menyehatkan bagi tubuh untuk kesehatan dalam jangka panjang. [RWP]

Baca juga:
Proses Penuaan Sehat dan Sukses pada Lansia Bisa Dimulai Sejak Usia Muda
Penyebab terjadinya Rasa Sakit Menusuk di Perut atau ‘Suduken’ ketika Berlari
Sebelum Berolahraga, Perhatikan dan Ikuti Sejumlah Hal Berikut Ini

Baca Selanjutnya: Makanan Tinggi Gula dan Lemak…

Halaman

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4