4 Fakta Unik Soal Indra Perasa Kucing, Ternyata Tak Bisa Deteksi Rasa Manis!

Beberapa pemilik kucing mengaku hewan peliharaannya memiliki sweet tooth , karena tertarik bahkan doyan makan es krim atau donat. Tapi sebaliknya, tak sedikit yang mengira anabul tidak bisa merasakan citarasa apa pun. Faktanya, indra perasa kucing sebenarnya lebih spesifik dan punya beberapa keunikan seperti berikut ini.

Indra Perasa Kucing Sangat Terbatas 4 fakta unik soal indra perasa kucing ternyata tak bisa deteksi rasa manis©2021 Shutterstock

Faktanya, kucing hanya punya sekitar 470 pengecap pada lidahnya, jauh lebih kecil dibandung lidah manusia yang memiliki sekitar 9000 indra pengecap. Tapi jangan meremehkan kemampuan anabulmu. Indra penciuman kucing memiliki organ tambahan yang disebut Jacobson untuk membantunya mengenali rasa lainnya yang tidak bisa diidentifikasi oleh manusia.

Mampu Mendeteksi 3 Rasa Unik 4 fakta unik soal indra perasa kucing ternyata tak bisa deteksi rasa manis©2021 Shutterstock

Walaupun indra perasa di lidahnya sangat terbatas, berkat hidung yang tajam dan organ Jacobson, kucing bisa mendeteksi rasa lain yang sulit dipahami oleh hewan atau manusia. Bisa mengenali rasa asam, asin, dan gurih atau umami, anabulmu akan menghirup bau ke lidah lalu akan melengkungkan sedikit bibirnya dan menggosokkan lidahnya ke atap mulut untuk merasakan aromanya.

Peka pada Pahit 4 fakta unik soal indra perasa kucing ternyata tak bisa deteksi rasa manis©2021 Shutterstock

Berbeda dengan perkiraan banyak orang, kucing ternyata lebih peka pada rasa pahit. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One mengungkapkan adanya 12 reseptor yang berbeda di lidah anabul untuk mengenali rasa pahit.

Tujuh di antaranya sangat aktif yang dapat melindungnya dari konsumsi zat beracun, baik dari makanan atau air minumnya. Sudah jadi nalurinya di alam liar, uniknya kucing tidak akan menyentuh zat pahit yang ada pada tubuh mangsanya misalnya kodok beracun atau kantung empedu pada tikus.

Tidak Suka Makanan Manis 4 fakta unik soal indra perasa kucing ternyata tak bisa deteksi rasa manis©2021

Indra perasa untuk manis dikembangkan oleh omnivora seperti manusia, sehingga dapat memproses pasokan karbohidrat dan gula dari tanaman dan buah-buahan. Sebaliknya, kucing sebagai karnivora atau pemakan daging tidak membutuhkan karbohidrat untuk bertahan hidup.

Anabul hanya memerlukan protein dalam kadar yang cukup dan sedikit lemak untuk menjaga kesehatannya dan tetap aktif. Jika mendapati kucingmu tertarik dengan es krim atau jajanan manismu, bisa saja hewan peliharaanmu mendeteksi rasa lemak di dalamnya.

Jika kucingmu sedang malas makan, tidak ada salahnya mencoba meningkatkan aromanya. Mulai dari mencampurkan kaldu hangat atau memilh cat food dengan citarasa yang cocok di lidah kucing, seperti Muezza. Ada 4 varian yang bisa dipilih sesuai dengan selera makan anabul, seperti Ocean Fish Flavor, Mackerel Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

muezza makanan kucing halal©2020 Muezza

Selain dikenal memiliki rasa yang lezat, Muezza pun menyediakan asupan nutrisi yang sehat, lengkap, dan seimbang. Hanya menggunakan bahan-bahan alami dalam pembuatannya, juga memanfaatkan teknologi modern dan bebas dari bahan tambahan sintetik yang dapat berbahaya bagi kesehatan kucing.

Bukan hanya itu saja, Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga pemiliknya lebih leluasa mengurus hewan kesayangannya. Mulai dari membelai tanpa was-was terkena liur kucing, mencuci wadah makan di tempat cuci piring, membawa cat food ke manapun, hingga mencari lokasi penyimpanannya di lemari bahan makanan. Segera dapatkan Muezza varian apa saja yang tersedia lengkap dan terjangkau di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: