4 Dampak Buruk yang Bisa Kamu Alami Ketika Konsumsi Terlalu Banyak Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan orang setiap hari. Nutrisi ini membantu menjaga nafsu makan, membangun dan memperbaiki jaringan, serta menyokong kerja otot dan kesehatan tulang.

Mengingat pentingnya nutrisi ini, konsumsi protein dalam jumlah yang tepat merupakan hal yang penting setiap harinya. Pakar kesehatan menyarankan untuk setidaknya mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram dari berat tubuhmu.

Terdapat sejumlah bahan makanan yang bisa menjadi sumber protein yang tepat. Protein ini bisa kamu peroleh dari ayam, kalkun, telur, yogurt, serta keju.

Namun pada sejumlah orang konsumsi protein ini bisa di atas jumlah semestinya karena kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari. Olahraga atau kegiatan berat yang dilakukan seseorang membuat mereka makan lebih banyak dan memiliki tingkat protein berlebih dalam tubuh.

“Protein dibuat dari asam amino, dasar pembangun dari otot,” ungkap Ami Kubal, pakar diet di South Dakota, dilansir dari Medical Daily.

“Untuk menjaga, memperbaiki, dan menumbuhkan otot, protein sangat vital pada pola makan,” sambungnya.

Walau begitu, kamu mungkin mengalami sejumlah masalah. Konsumsi protein secara seimbang mungkin bisa memberi kesehatan lebih baik namun konsumsi dalam jumlah tinggi bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Dampak Buruk dari Pola Makan Kelebihan Protein

dari pola makan kelebihan protein rev1

Protein bisa membuatmu merasa lebih kenyang. Namun mengonsumsi nutrisi ini terlalu banyak bisa memaksa tubuh untuk menggunakan lebih banyak energi dalam mencerna makanan.

Pada beberapa kasus, tubuh mungkin menyimpan protein berlebih sebagai lemak. Hal ini bisa membuatmu untuk bekerja ekstra jika kamu berusaha untuk mencegah bobot tubuhmu.

Pengaruhi Penyerapan Nutrisi Lain dalam Tubuh

nutrisi lain dalam tubuh rev1

Konsumsi protein dalam jumlah tinggi juga bisa mempengaruhi bagaimana nutrisi lain bekerja dalam tubuh. Sebagai contoh, konsumsi serat dalam jumlah rendah selagi kamu memiliki terlalu banyak protein bisa berujung pada konstipasi dan berdampak pada kesehatan pencernaan.

Protein yang terlalu banyak juga bisa memperburuk kondisi seseorang dengan masalah ginjal. Beberapa orang mungkin mengalami masalah serius karena konsumsi berlebih protein.

Hal ini juga bisa menyebabkan munculnya penyakit kardiovaskular, cedera ginjal dan hati, masalah pembuluh darah, dan bahkan kematian. Disebut bahwa konsumsi protein dalam jumlah sangat tinggi bisa timbulkan kanker, osteoporosis, serta diabetes tipe 2.

Gejala Protein Berlebih

berlebih rev1

Dehidrasi
Diare
Sakit Kepala
Masalah Pencernaan
Mudah Marah
Mual
Kelelahan

Cara Mengatasi Masalah Akibat Protein Berlebih

masalah akibat protein berlebih rev1

Sejumlah masalah yang berkaitan dengan protein berlebih tersebut bisa diatasi dengan mudah. Konsumsi makanan secara seimbang dan mengatur asupan nutrisi bisa membuatmu mengatasi efek protein tersebut dengan mudah.

Konsumsi air dalam jumlah cukup juga bisa mengurangi nitrogen dari protein. Hal ini juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal.

Baca juga:
ASI merupakan Asupan Nutrisi Terbaik untuk Bayi Prematur
Ini Sumber Gizi yang Penting Dikonsumsi Anak ketika Bersekolah dari Rumah

Berita terkait: