36.000 Pelajar Dapat Bantuan Kuota Internet dari Diknas Kota Bengkulu

Bengkulu, Beritaasatu.com – Sebanyak 36.000 pelajar di Kota Bengkulu, mendapat bantauan kuota internet gratis dari Dinas Pendidikan Nasional (Dinkas) setempat untuk kebutuhan belajar dalam jaringan (daring) atau melalui online di masa pandemi virus corona atau Covid-19.

Pelajar yang mendapat bantuan kuota untuk kegiatan belajar daring tersebut, yakni tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat di Kota Bengkulu, tersebar di 9 kecamatan.

“Untuk menyukseskan program belajar daring di masa pandemi Covid-19 di Kota Bengkulu, kita akan memberikan bantuan kuota kepada 36.000 pelajar di daerah ini. Setiap pelajar akan mendapat jatah kuota sebesar Rp 40.000/bulan,” kata Kepala Diknas Kota Bengkulu, Rusmayeti, di Bengkulu, Minggu (26/7/2020).

Ia mengatakan, kuota internet ini mulai dibagikan Diknas Kota Bengkulu kepada para pelajar awal Agustus mendatang. “Penyaluran bantuan kuota internet ini kepada para pelajar dilakukan melalui sekolah masing-masing,” ujarnya.

Pengadaan kuota gratis untuk pelajar SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Bengkulu, ini bersumber dari dana APBD kota setempat dan dana operasional sekolah (BOS) masing-masing sekolah. Rinciannya dana APBD Kota Bengkulu sebesar Rp 20.000 dan dana BOS sebesar Rp 20.000.

Kuota internet gratis untuk memperlancar kegiatan belajar melalui daring di masa pandemi Covid-19, akan diberikan kepada para pelajar setiap awal bulan berjalan. “Jika tidak aral melintang pada awal Agustus kuota internet sudah mulai kita bagikan kepada 36.000 orang pelajar di Kota Bengkulu,” ujarnya.

Saat ini, kata Kadis Diknas Kota Bengkulu, pihaknya bersama pihak ketiga tengah mempersiapkan penyaluran bantuan kuota internet kepada para pelajar di daerah ini.

“Kita berharap dengan adanya bantuan kuota internet gratis tersebut, kegiatan belajar daring atau melalui online para pelajar baik tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK di Kota Bengkulu dapat berjalan lancar sesuai harapan,” ujarnya.

Rosmayeti menambahkan, meski bantuan kuota internet ini tidak seberapa nilainya, tapi bantuan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban bagi para orang tua murid di Kota Bengkulu, terutama bagi orang tua dari kalangan ekonomi menengah ke bawah di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kita berharap penyaluran bantuan kuota internet kepada pelajar SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Bengkulu, dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga pelaksanaan belajar daring di setiap jenjang pendidikan di masa pendemi virus corona dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Sunarti (36), salah seorang wali murid di Kota Bengkulu mengatakan, dirinya merasa senang bahwa anaknya akan mendapatkan bantuan kuota internet dari sekolahnya secara rutin setiap bulan selama belajar daring di rumah.

“Saya bersyukur anaknya akan mendapatkan bantuan kuota dari sekolah untuk kebutuhan belajar daring atau online selama berlangsung masa pandami virus corona , sehingga dirinya tidak perlu lagi membeli kuota seperti selama ini.

“Saya berharap kuota internet yang diberikan pihak sekolah kepada anak saya sebanyak Rp 40.000/bulan cukup untuk kebutuhan belajar daring selama satu bulan, sehingga dirinya tidak membelikan lagi kuota anaknya,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Rustan Affandi (35), warga Kota Bengkulu. Ia mengucapkan terima kasih pada Pemkot Bengkulu, yang sudah memberikan bantuan gratis kuota internet kepada para pelajar di daerah ini, sehingga para orang tua tidak lagi membeli kuota untuk kegiatan belajar daring anaknya.

Berita terkait: