3 Hari Ambles, Wall Street Dibuka Naik Ditopang Penjualan Ritel

Bursa AS Wall Street naik pada awal perdagangan Jumat (15/10/2020) didorong kuatnya data penjualan ritel AS. Wall Street mencoba menghentikan penurunan tiga hari berturut-turut.

Dow Jones Industrial Average naik 155 poin atau 0,6 persen, S&P 500 menguat 0,4 persen dan Nasdaq Composite bertambah 0,5 persen.

Penjualan ritel melonjak 1,9 persen pada September, melampaui perkiraan Dow Jones di 0,7 persen. Penjualan ini tidak termasuk mobil, yang naik 1,5 persen, atau lebih baik dari perkiraan 0,4 persen.

“Ekonomi terus menunjukkan tren menguat,” kata Kepala Strategi Pasar Prudential Financial, Quincy Krosby. “Bagi mereka yang masih memiliki pekerjaan, perekonomian telah pulih.”

“Pertanyaannya adalah, jika klaim pengangguran awal terus meningkat, akankah kita terus melihat penjualan ritel naik,” tambah Krosby.

BACA JUGA

Wall Street Ditutup Melemah Akibat Ketidakpastian Stimulus Covid-19

Bursa juga mendapat dorongan setelah Pfizer mengatakan akan mengajukan permohonan penggunaan darurat vaksin corona.

Sementara regulator penerbangan Eropa mengatakan jet Boeing 737 Max aman untuk terbang kembali. Saham Boeing naik 5 persen.

Wall Street keluar dari penurunan tiga hari berturut-turut di tengah ketidakpastian stimulus serta kekhawatiran pandemi yang memburuk di seluruh dunia.

Pemerintah Inggris mengumumkan rencana memberlakukan pembatasan lebih ketat di London. Sementara pemerintah Prancis mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat awal pekan ini di tengah lonjakan kasus. Jerman juga telah mengumumkan aturan baru untuk menekan penyebaran virus.

Berita terkait: