3 Anggota Polres Rejang Lebong Terpapar Covid-19

Sebanyak 3 anggota Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu positif terpapar virus corona atau Covid-19. Mereka diketahui setelah menjalani uji swab di laboratorium PCR RSU Curup.

“Ada tiga dari tujuh personel Polres Rejang Lebong yang menjalani tes swab di laboratorium PCR RSU Curup dinyatakan positif terpapar virus corona . Sedangkan 4 personel lainnya aman dari terpapar Covid-19,” kata Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno, di Bengkulu, Minggu (22/11/2020).

Ia mengatakan, tiga anggota Polres Rejang Lebong yang terpapar positif Covid-19, saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Meski menjalani isolasi mandiri di rumah, mereka tetap diawasi ketat oleh petugas dari Dinkes setempat.

Hal ini dilakukan agar ketiga personel Polres Rejang Lebong yang terpapar Covid-19 dapat segera sembuh dari penyakit tersebut, sehingga dapat kembali menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

“Tiga anggota kita yang positif terpapar Covid-19 sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kita sudah menyalurkan bantuan sembako kepada mereka dan kita terus memberikan semangat agar segera sembuh dari penyakit tersebut,” ujarnya.

BACA JUGA

Update Covid-19: Tambah 4.360 Kasus Positif di Indonesia Jadi 497.668

Untuk mengatasipasi penambahan kasus baru di intansi tersebut, Polres Rejang Lebong bersama Dinkes setempat melakukan tracing terhadap orang-orang yang sempat kontak fisik dengan 3 anggota polisi tersebut, termasuk anggota keluarga dari pasien bersangkutan.

“Semua orang yang sempat kontak fisik dengan 3 anggota polisi terpapar virus corona dilakukan rapid test untuk memastikan mereka tidak terjangkit. Bagi mereka yang hasil rapid test reaktif akan disikapi dengan uji swab guna memastikan terjangkit atau tidak Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar kantor dan ruang kerja guna memutus rantai penyebaran virus corona . Dengan cara ini diharapkan tidak ada lagi anggota Polres Rejang Lebong terpapar Covid-19.

Kapolres Rejang Lebong menambahkan, pihaknya juga mengimbau seluruh anggota Polres setempat, termasuk masyarakat agar taat menerapkan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah, seperti rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan orang banyak alias tidak berkerumun.

“Jika anggota Polri dan masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan dengan baik melalui 3M, maka akan terhindar dari ancaman terpapar Covid-19. Kita lebih baik mencegah daripada mengobati,” ujarnya.

BACA JUGA

Doni Monardo: Lacak Kontak Kerja Kemanusiaan, Mengapa Ditolak?

Cara yang tepat menghindari terpapar Covid-19 saat ini, kata Kapolres Rejang Lebong, menerapkan protokol kesehatan dengan baik dalam setiap beraktivitas di luar rumah. Karena itu, pihaknya bersama Satgas Penanganan Covid-19 setempat terus mengencarkan sosialisasi protokol kesehatan seluruh lapisan masyarakat di daerah ini.

Sementara itu, Kepala Dinkes Rejang Lebong, Syamsir mengatakan, kasus baru positif Covid-19 di daerah ini terus bertambah. Pada Sabtu (21/11/2020) ada penambahan sebanyak enam kasus. Sedangkan pada hari yang ada jumlah pasien yang sembuh dari virus corona sebanyak 8 orang.

Sampai saat ini, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu tercatat sebanyak 270 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 205 dan pasien dilaporkan meninggal dunia sebanyak 3 orang.

Sedangkan sisanya masih menjalani perawatan di RSU rujukan Covid-19 dan isolasi mandiri di rumah. Pasien yang meninggal dunia telah dimakamkan oleh petugas Dinkes setempat sesuai protokol Covid-19.

TAG:  Polres Rejang Lebong Covid-19 Covid-19 di Bengkulu

Berita terkait: