3.000 Tenaga Konstruksi Akan Mengikuti Pelatihan SiPetruk

Dalam mendukung pelaksanaan Aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi), Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera ) bekerja sama dengan Bina Konstruksi menyelenggarakan pelatihan bagi Manajemen Konstruksi (MK).

“Pelatihan ini akan diikuti 3.000 pekerja konstruksi dari 20 asosiasi pengembang. Terbagi menjadi tiga batch dengan kuota mencapai 3.000 peserta, sehingga masing-masing batch akan disertakan 1.000 peserta,” kata Direktur Layanan PPDPP, Christ Robert Panusunan Marbun, dalam siaran pers, Kamis (22/4/2021).

BACA JUGA

Terdampak Pandemi, Sektor Manufaktur dan Konstruksi Butuh Stimulus

Menurutnya, pelatihan dilakukan sepenuhnya secara daring melalui aplikasi zoom yang diselenggarakan pada 18 sampai dengan 22 Mei 2021, dengan pembagian zona wilayah sesuai ketersediaan Balai Jasa Konstruksi Wilayah milik Bina Konstruksi Kempupera.

Keberadaan Aplikasi SiPetruk terus didukung oleh para asosiasi pengembang. Melalui forum virtual tersebut, PPDPP bersama 20 asosiasi pengembang perumahan sepakat menggagas Kesepakatan Bersama Gerakan Membangun Rumah Subsidi Berkualitas. Kesepakatan bersama tersebut menurut rencana akan ditandatangani dan dideklarasikan oleh para ketua umum asosiasi pengembang yang disaksikan Menpupera pada peresmian pelatihan SiPetruk 18 Mei 2021 mendatang.

BACA JUGA

Pemerintah Memberikan Insentif kepada Masyarakat Agar Akses Perumahan

Aplikasi SiPetruk sendiri mulai diterapkan pada Juli 2021 mendatang sebagai syarat pengembang untuk mendaftarkan huniannya ke dalam Aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang), yang selanjutnya dapat tampil dan dipilih oleh masyarakat sebagai rumah bersubsidi pada SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan).

Berita terkait: