2020, Kemenristek Hasilkan 61 Produk Inovasi Percepat Penanganan Covid-19

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, Kemenristek telah menghasilkan lebih dari 61 produk inovasi dalam mendorong percepatan penanganan Covid-19 di sepanjang tahun 2020.

Produk tersebut dikembangkan dalam beberapa kategori baik dalam bidang pencegahan, skrining dan diagnosis, obat dan terapi, maupun alat kesehatan dan pendukung.

“Produk inovasi ini juga terus dikembangkan secara sistematis agar terintegrasi satu sama lain,” ujar Bambang dalam sambutannya di acara Rapat Koordinasi Nasional Riset dan Inovasi Nasional 2021, Kamis (28/1).

Produk-produk inovasi tersebut terus disempurnakan dan beberapanya telah
digunakan oleh masyarakat. Misalnya ventilator, lalu Mobile Lab BSL-2 alias laboratorium berjalan untuk pengujian sampel Covid-19. Kemudian, ada pula Rapid Test Kit hingga GeNose C19, alat skrining cepat melalui hembusan napas.

Inovasi lainnya misalnya CePAD dan RT Lamp yaitu alat skrining berbasis antigen, dimana hasil tesnya dapat dikombinasikan dengan wearable device berbentuk gelang yang terhubung dengan internet untuk memantau kepatuhan mobilitas pengguna dengan hasil positif.

Nantinya, data hasil tes yang tersimpan juga dapat dimasukkan dalam aplikasi Health Pass atau paspor kesehatan untuk Covid-19.

“Untuk meningkatkan pemanfaatan dan daya guna produk Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 serta untuk mengetahui respon pengguna terhadap kinerja produk, Kemenristek juga telah melakukan Bakti Inovasi ke kurang lebih 15 kota/kabupaten di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, ke depan fokus Kemenristek pada tahun 2021 dilakukan terhadap Prioritas Riset Inovasi Nasional dengan tetap berkontribusi maksimal pada penanganan Covid-19. Saat ini, Kemenristek terus melakukan whole genome sequencing (WGS) untuk menguji molekular (surveillance) yang lebih luas untuk berbagai varian virus Covid-19 yang beredar di Indonesia.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com

Berita terkait: