2 Cara Menanam Seledri yang Mudah Dicoba, Lengkap dengan Perawatannya

Seledri dianggap sebagai sayuran dan ramuan yang termasuk dalam genus Apium dan keluarga Apiaceae . Selain itu seledri termasuk dengan ketumbar, celeriac, peterseli, adas, dan wortel. Seledri memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika yang ditanam sendiri, tentu tak ada kandungan bahan kimia yang mengkhawatirkan.

Cara menanam seledri pun terbilang sangat mudah. Bisa menggunakan media tanam air untuk dalam ruangan, atau pun tanah. Tanaman cuaca dingin ini membutuhkan sekitar 16 minggu untuk bisa panen. Terdapat dua jenis seledri yang bisa ditanam sendiri di rumah.

Salah satunya jenis seledri penggalian. Menanam seledri ini hanya membutuhkan tanah yang ditumpuk di batang. Mereka tumbuh untuk menghasilkan batang pucat dan renyah. Namun bagi Anda yang tak memiliki lahan tanah yang luas, patut untuk memerhatikan cara menanam seledri ini.

Berikut beberapa cara menanam seledri dengan yang mudah dicoba. Lengkap beserta cara merawat yang tepat.

Cara Menanam Seledri dari Sisa Batang

Melangkah dengan materi yang paling mudah dulu, yakni cara menanam seledri dari sisa batang. Anda bisa mengandalkan botol bekas. Serta memajangnya di dapur rumah atau apartemen. Berikut cara menanam seledri dari sisa batang dilansir dari the Spuce :

1. Potong Bagian Bawah Tandan Seledri

ilustrasi seledri

©Pixabay

Gunakan pisau besar dan tajam, potong bagian bawah ikat seledri Anda sekitar 2 inci dari pangkalnya.

Tips : Cara terbaik untuk menyimpan batang seledri adalah dengan membungkusnya dengan kertas timah atau plastik pembungkus. Lalu menyimpannya di dalam lemari es.

Seledri yang dibungkus foil bisa tetap segar sedikit lebih lama dari seledri yang dibungkus plastik. Untuk menghidupkan kembali batang yang layu, potong setengah inci dari kedua ujungnya dan masukkan batang tersebut ke dalam bak air es selama 30 menit.

2. Tempatkan dalam Wadah Kecil

cara menanam seledriThe Spruce ©2021

Jika Anda tak memiliki wadah kecil, bisa memanfaatkan potongan dari botol bekas. Ambil pangkal tandan seledri Anda, dan masukkan ke dalam wadah kecil. Isi dengan air sekitar satu inci. Tempatkan wadah di area terang yang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Perhatikan Seledri Tumbuh

Seledri Anda akan mulai berkecambah dalam satu atau dua hari. Ganti air setiap beberapa hari, dan pastikan wadah kecilnya tidak mengering.

cara menanam seledri

The Spruce ©2021

4. Tanam Seledri dalam Pot (Opsional)

Jika Anda ingin seledri Anda membesar, pindahkan tanaman dalam pot atau lahan yang ada. Berikut langkah mudahnya:

  • Pertama, untuk mencegah tanah keluar, tutupi lubang drainase di dasar pot Anda dengan selembar penyaring, penyaring kopi, atau tisu dapur.
  • Kemudian, isi pot Anda dengan tanah pot hingga sekitar 2 inci di bawah tepi.
  • Campurkan pupuk.
  • Tepuk-tepuk tanah untuk meratakannya, dan tambahkan sedikit air agar lembap. Jangan terlalu basah.
  • Selanjutnya, letakkan bagian bawah pangkal seledri yang sudah bertunas di atas tanah. Tambahkan sekitar satu inci tanah lagi, sehingga benar-benar mengelilingi pangkal seledri.
  • Terakhir, tempatkan pot di bawah sinar matahari parsial, dan air cukup sering untuk menjaga tanah tetap lembap.

Cara Menanam Seledri yang Mudah di Lahan

Selanjutnya cara menanam seledri bagi Anda yang memiliki lahan sendiri di rumah. Berikut cara menanam seledri yang mudah, dikutip dari Almanac :

Persiapan Tanah

1. Pilih situs yang menerima sinar matahari langsung penuh. Seledri membutuhkan tanah yang diperkaya kompos.

2. Kendurkan tanah hingga kedalaman 12 hingga 15 inci dengan garpu taman atau anakan.

3. Campurkan 2 hingga 4 inci pupuk kandang atau kompos ke dalam tanah. Atau, gunakan 5-10-10 pupuk.

4. Tanah harus mempertahankan kelembapan, berbatasan dengan basah tetapi masih mengering. Seledri lebih menyukai tanah dengan pH antara 5,8 dan 6,8. Lakukan uji tanah jika Anda tidak yakin.

Tips: Penting agar seledri tumbuh di tanah yang tahan kelembaban dan tidak cepat kering. Seledri liar tumbuh di tanah berlumpur. Jadi Anda harus memastikan kelembapan yang konsisten untuk sayuran yang mudah haus ini. Sementara tempat yang cerah akan memastikan pertumbuhan yang baik dan merata.

Menabur Benih di dalam Ruangan

1. Karena musim tanam yang panjang, waktu terbaik adalah menanam benih seledri di dalam ruangan. Catatan: Benihnya kecil, jadi Anda harus menabur dengan hati-hati dan mata jeli.

2. Sebelum ditanam, rendam benih dalam air hangat semalaman. Ini akan mempercepat perkecambahan.

3. Isi flat atau pot benih dengan campuran awal tadi, perpaduan tanah dan pupuk.

4. Tekan benih yang direndam ke dalam tanah permulaan benih; untuk mendapatkan perkecambahan yang baik jangan ditutup dengan tanah.

5. Cara termudah untuk menabur benih ialah dengan mengetuk hati-hati di atas permukaan campuran. Idealnya benih jatuh sekitar satu inci.

6. Tutupi baki / pot starter dengan bungkus plastik untuk mempertahankan kelembapan.

7. Perkecambahan akan terjadi dalam waktu sekitar satu minggu tetapi bisa memakan waktu hingga tiga minggu. Bersabarlah menanti.

8. Setelah bibit muncul, tempatkan lampu neon 3inci di atasnya selama 16 jam sehari. Pertahankan suhu sekitar 21 hingga 23 derajat celcius pada siang hari, dan sekitar 15 hingga 18 derajat celcius pada malam hari.

9. Saat bibit setinggi 2 inci, pindahkan ke pot gambut individu atau ke dataran yang lebih dalam dengan tanah pot baru. Di flat, atur tanaman setidaknya 2 inci.

10. Lakukan pengerasan terhadap bibit sebelum pemindahan dengan mengurangi sedikit air dan meletakkannya di luar ruangan selama beberapa jam.

cara menanam seledrialmanac.com ©2021

Transplantasi di Tanah

1. Tanam seledri di luar ruangan ketika suhu tanah setidaknya mencapai 10 derajat celcius dan suhu malam hari tidak turun di bawah 4 derajat celcius.

2. Mulailah menyesuaikan seledri di luar ruangan dua minggu sebelum tanam. Biarkan tanaman Anda di luar lebih lama.

3. Tambahkan kompos organik ke dalam tanah sebelum penanaman. Atau campurkan pupuk, sekitar satu pon 5-10-10 per 30 kaki persegi.

4. Siram secara teratur.

Cara Merawat Seledri

005 destriyana©2015 Merdeka.com/pixabay/virginielenoir

Seledri membutuhkan banyak air. Pastikan untuk menyediakan banyak air selama musim tanam, terutama saat cuaca panas dan kering. Jika seledri tidak mendapat cukup air, batangnya akan mengering dan berukuran kecil.

Tambahkan banyak kompos dan mulsa di sekitar tanaman untuk mempertahankan kelembapan. Keberadaan pupuk organik yang kaya nutrisi, membantu memberi mereka dorongan.

Anda juga bisa meletakkan mulsa bahan organik, seperti kompos di antara tanaman. Ini akan menjaga akar tetap dingin. Serta membantu memberi makan tanaman seledri. Juga mengunci kelembapan tanah yang sangat penting.

Jagalah agar seledri tetap disiangi tetapi hati-hati saat menyiangi karena seledri memiliki akar yang dangkal dan mudah rusak.

Ikat batang seledri yang sedang tumbuh menjadi satu agar tidak menyebar.
Mulailah penggalian setelah batang mencapai tinggi sekitar satu kaki, menimbun tanah sekitar tiga inci (8 cm)

Berita terkait: