12 Tanaman Pengusir Nyamuk, Cocok Ditempatkan di Beranda

Demam berdarah dan demam berdarah dengue merupakan momokbagi penduduk di negara-negara tropis. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini bisa membahayakan nyawa jika tidak segera ditangani.

Demi menghindarkan diri dan keluarga dari penyakit demam berdarah, kebersihan lingkungan tempat tinggal harus selalu dijaga. Selain rajin mengurasi tempat penampungan air dan fogging, menempatkan tanaman yang tidak disukai nyamuk di sekitar rumah juga bisa membantu.

Berikut ini Garden Design menyarankan beberapa contoh tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tempatkan di beranda, teras, atau sekitar rumah.

1. Lavender

Sejumlah penelitian membuktikan lavender ampuh mengusir nyamuk. Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender ternyata tidak disukai nyamuk.

2. Serai Wangi ( Citronella )

Brooklyn Botanic Garden merekomendasikan tanaman yang beraroma lemon seperti Citronella untuk mengusir nyamuk. Pastikan Anda membeli Citronella dari spesies Cybopogon nardus atau Citronella winterianus yang aromanya paling tajam. Tumbuhan ini cocok ditanam di iklim hangat dengan cahaya matahari berlimpah.

3. Marigold

Bunga marigold mungkin memiliki aroma yang tidak terlalu memanjakan indera penciuman. Beberapa daerah bahkan menyebut bunga ini dengan nama bunga telekan karena aromanya yang kurang sedap. Walaupun begitu, aroma ini ternyata tidak disukai nyamuk juga. Menurut New York Botanical Garden, marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk. Tanaman ini pun tak disukai kutu daun, lalat putih, dan hama serangga lainnya.

4. Catnip

Nepeta cataria atau catnip adalah tanaman dari keluarga mint yang sering tumbuh liar di halaman atau padang rumput. Walaupun begitu, tanaman ini juga dipasarkan secara komersial sebagai pengusir nyamuk. Brooklyn Botanic Garden juga merekomendasikan tanaman ini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Iowa State University menunjukkan bahwa catnip sepuluh kali lebih ampuh mengusir nyamuk daripada DEET (N,N-Diethyl-meta-toluamide) yang populer sebagai bahan obat pembasmi nyamuk di pasaran.

5. Rosemary

New York Botanical Garden dan PlantShed menyarankan tanaman rosemary sebagai pengusir nyamuk alami. Selain ampuh mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan barat dan aromaterapi.

6. Scented Geranium (Geranium Berdaun Wangi)

Ada banyak spesies geranium yang ditemukan di seluruh dunia. Beberapa di antara tanaman bergenus Pelargonium ini memiliki daun yang mengandung minyak aromatik. Minyak inilah yang biasanya tidak disukai nyamuk.

Beberapa jenis geranium berdaun wangi mengandung minyak esensial yang baunya mirip dengan Citronella. Spesiesnya antara lain Pelargonium crispum, Pelargonium citronellum (Pelargonium Mabel Grey), Pelargonium x melissinum, dan Pelargonium citrosum.

7. Basil, Kemangi, dan Selasih Hitam

Satu lagi tanaman rempah daun yang juga ampuh sebagai pengusir serangga. Basil (Ocimum basilicum) yang masih bersaudara dengan kemangi ini memiliki aroma yang tidak disukai lalat dan nyamuk. Bukan hanya basil, aroma lemon basil alias kemangi dan cinnamon basil (selasih hitam) ternyata juga tidak disukai nyamuk.

8. Bee Balm

Bee balm atau horsemint yang merupakan tanaman dari genus Monarda punya aroma unik. Tanaman ini disukai lebah dan kupu-kupu, namun dibenci nyamuk. Ternyata minyak aromatik yang terdapat di daunnya yang tidak disukai nyamuk. Selain itu, bee balmjuga memiliki bunga dalam aneka corak warna yang indah.

9. Mint

Daun mint memang memiliki banyak manfaat. Selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, minuman teh, penyejuk kulit, dan perawatan kulit kepala; aromanya yang harum ternyata cukup ampuh mengusir nyamuk jauh-jauh.

10. Allium (Bawang-Bawangan)

Tanaman dari genus Allium memiliki aroma yang tajam. Aroma ini juga ampuh untuk mengusir serangga. Beberapa contoh tanaman dari genus Allium yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah bawang merah, bawang bombay, bawang perai, bawang daun, lokio, dan kucai.

11. Sage

Dikenal sebagai rempah daun aromatik, sage juga berfungsi sebagai pengusir serangga yang cukup efektif. Sage kering yang diolah menjadi obat nyamuk semprot buatan rumah juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

12. Flossflower

Ageratum houstonianum yang juga dikenal dengan nama flossflower dan bluemink memiliki bunga berwarna ungu seperti bulu halus. Bunga ini mengandung coumarin yang dapat mengusir nyamuk. Walaupun begitu, bunganya juga bisa menyebabkan keracunan jika sampai termakan oleh manusia dan hewan peliharaan.

Demikian berbagai jenis tanaman yang ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Tertarik untuk menanamnya?

Baca juga:
Tips dan Cara Menanam Adenium atau Kamboja Jepang
Tips Melebatkan Bunga Adenium atau Kamboja Jepang yang ‘Malas’ Berkuncup
Rela Tukar Rumah dengan Tanaman Hias, Pria Ini Ungkap Alasannya

Berita terkait: