11 Jenis Kaktus Berbunga untuk Tanaman Hias Indoor

Sebagai tanaman hias, kaktus memang memiliki penampilan yang unik. Tanaman yang dulunya hanya hidup di gurun ini sekarang menjadi tanaman ornamentl populer. Tak cuma untuk kebun bernuansa gurun, kaktus berbunga yang ditempatkan di pot juga bisa menjadi tanaman hias indoor yang cantik.

Kaktus memiliki banyak jenis dan ukuran. Ada yang tumbuh memanjang seperti african milk tree . Ada pula yang bentuknya seperti telinga kelinci, yaitu bunny ear cactus .

Selain itu, masih ada kaktus berbunga yang menampilkan keunikan bentuk kaktus dan bunga-bunga berwarna mencolok.

Bagi Anda yang berminat memperindah rumah dengan kaktus berbunga, berikut ini beberapa jenis yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikoleksi.

1. Kaktus Rambut Nenek

Kaktus berbunga yang satu ini memiliki banyak nama, antara lain old lady kaktus, old man cactus, dan kaktus rambut nenek. Memiliki nama latin Mammillaria hahniana, kaktus tumbuh mengelompok dengan bentuk bulat berhias duri dan rambut lebat sewarna uban.

Kaktus ini bisa tumbuh sampai 25 cm dan menghasilkan bunga pink yang tumbuh melingkar seperti lingkaran halo di atas kepala tanaman.

Tanam kaktus rambut nenek di media tanam bercampur pasir. Siram dua minggu sekali dan tempatkan di bagian rumah yang mendapatkan cahaya matahari melimpah dan merata.

2. Fairy Castle Cactus

 ilustrasi fairy castle cactus

©Unsplash/Scott Webb

Namanya saja sudah unik, penampilannya jauh lebih unik lagi. Benar, fairy castle cactus adalah jenis kaktus berbunga yang tampak seperti istana megah di cerita dongeng. Tanaman hias yang satu ini bakal menjadikan koleksi kaktus Anda lebih istimewa.

Saat berbunga, fairy castle cactus akan terlihat semakin indah. Namun hal ini jarang terjadi. Jadi, hati-hati jangan sampai tertipu membeli fairy castle cactus yang ditempeli bunga palsu.

3. Kaktus Bintang

ilustrasi urchin cactus

©Creative Commons/Bmantha

Astrophytum asterias dikenal juga dengan nama star cactus (kaktus bintang) dan sea urchin cactus (kaktus landak laut/bulu babi). Bentuknya uni, ada yang bulat seperti bulu babi dan bintang laut dengan warna hijau kebiruan. Sementara bunga yang dihasilkan berwarna putih atau kuning.

4. Easter Cactus

ilustrasi easter cactus

©Creative Commons/DenesFeri

Memiliki nama ilmiah Schlumbergera gaertneri, tanaman hias yang satu ini juga dikenal dengan nama easter cactus atau thanksgiving cactus . Penampilannya mirip dengan kaktus natal, namun lebih berduri.

Tanaman hias ini bisa menghasilkan banyak bunga dengan warna fuchsia atau merah. Kalau tidak sedang berbunga pun penampilannya tetap cantik.

5. Powder Puff Cactus ( Parodia nivosa )

ilustrasi powder puff cactus

©World of Succulents

Satu lagi kaktus dengan penampilan yang imut, yaitu Parodia nivosa . Tanaman hias ini juga dikenal dengan nama powder puff cactus . Batangnya yang bulat diselubungi rambut halus lebat seperti puff bedak. Bunganya yang mungil dan berwarna pink bertebaran di sekitar tanaman. Tanaman ini membutuhkan air yang lebih banyak dan cahaya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kaktus jenis lain.

6. Kaktus Natal

ilustrasi christmas cactus

©The Spruce

Christmas cactus atau kaktus natal masih bersaudara dengan bunga wijayakusama. Tanaman hias ini memiliki batang tebal seperti kaktus yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air. Ada yang berbunga merah tua, fuchsia , peach, hingga putih.

Selain indah dipandang, kaktus natal juga tergolong mudah dirawat. Tanaman ini tak perlu disiram setiap hari. Selama tanahnya belum kering, Anda tak perlu menyiramnya.

Letakkan tanaman hias di sudut yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan jangan biarkan airnya menggenang, karena akar tanaman bisa busuk.

7. Chin Cactus (Gymnocalycium)

ilustrasi chin cactus

©World of Succulents

Lebih dikenal dengan nama chin cactus, tanaman dari genus Gymnocalycium ini merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan. Durinya tidak terlalu banyak, sementara bunganya cukup mencolok.

8. Wijayakusuma Mini

ilustrasi wijaya kusuma

©Tantri Setyorini

Bunga wijayakusama juga termasuk jenis kaktus berbunga. Tanaman hias yang juga dikenal dengan nama queen of the night atau lady of the night ini ada yang berukuran besar dan kecil. Pilih yang berukuran mungil untuk ditanam di pot dan diletakkan di beranda. Sesuai namanya, bunga yang dihasilkan akan mekar pada malam hari dan menguncup kembali begitu pagi menjelang.

9. Kaktus Mammillaria

ilustrasi mammillaria guelzowiana

©GardenTags

Mammillaria termasuk jenis kaktus yang rajin berbunga, terutama di musim panas. Bentuknya cenderung bulat dan tumbuh mengelompok. Beberapa spesies yang layak dikoleksi antara lain Mammillaria guelzowian a yang bunganya harum dan Mammillaria zeilmanniana (Rosy Pincushion Cactus) yang bunganya mekar sepanjang tahun.

10. Bishop’s Hat Cactus (Astrophytum myriostigma)

ilustrasi bishop hat cactus

©World of Succulents

Astrophytum myriostigma adalah tanaman hias yang juga dikenal dengan nama bishop’s hat cactus. Disebut demikian karena bentuknya seperti topi uskup. Tidak seperti kaktus jenis lain, tanaman yang satu ini tidak berduri. Sementara bunganya berwarna kuning atau kuning bersemu merah.

11. Spider Cactus

ilustrasi spider cactus

©Creative Commons/Peter A. Mansfeld

Gymnocalycium oehnanthemum x horstii adalah nama ilmiah dari spider cactus atau kaktus laba-laba. Kaktus berbunga ini mekar pada musim panas. Ciri khasnya adalah duri-duri keriting dan bunga berukuran besar dengan warna pink.

Demikian berbagai jenis kaktus berbunga yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikoleksi.

Sumber: The Spruce, FTD, Country Living, Balcony Garden Web

Baca juga:

Berita terkait: