10 Tipe Pembersih Wajah yang Beredar di Indonesia, Mana yang Paling Cocok Untukmu?

Masih bingung memilih antara facial foam dan milk cleanser, sudah keluar lagi yang namanya cleansing oil dan micellar water . Belum lagi exfoliating cleanser yang mulai dilirik para beauty enthusiast. Sebenarnya ada berapa jenis pembersih wajah yang beredar di pasaran?

Mari kita pahami bersama tipe-tipe pembersih wajah yang bisa ditemukan di Indonesia dan mana yang paling cocok untuk tiap jenis kulit, seperti dilansir Dermstore.

1. Clay Cleanser

ponds pure white clay foam

Ponds Pure White Clay Foam © YouTube/Pond’s Indonesia

Ini adalah jenis pembersih wajah yang dikombinasikan dengan clay alias tanah liat. Bisa berbentuk facial foam, cleansing gel , atau cleansing bar .

Clay banyak dimanfaatkan di dunia kecantikan karena kekuatannya dalam menyerap minyak berlebih. Jadi produk ini paling cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.

2. Gel Cleanser

innisfree bija trouble cleansing gel

Innisfree Bija Trouble Cleansing Gel © Shopee/innisfree

Gel cleanser  memiliki konsistensi seperti jeli dan biasanya bening. Produk ini ditujukan untuk membersihkan hingga ke tingkat pori-pori ( deep cleansing ).

Gel cleanser  cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi. Efektif untuk mengatasi penyumbatan pori, menyapu minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Pasalnya  gel cleanser  biasanya juga dilengkapi fungsi eksfoliasi dan antiseptik.

3. Facial Foam

neogen dermalogy real fresh foam blueberry

Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Blueberry © Shopee/neogendermalogy

Cleansing foam  atau  facial foam  adalah tipe pembersih wajah dengan formula ringan. Berbentuk krim atau  gel , tetapi berubah menjadi busa jika digosok dengan tangan dan sedikit air. Efektivitasnya hampir sama dengan  gel cleanser.  Paling cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.

4. Milk Cleanser

fanbo precious white milk cleanser

Fanbo, Precious White Milk Cleanser © Shopee/fanbocosmetics

Milk cleanser  atau  cleansing milk  adalah pembersih  makeup  yang cukup populer. Tak selalu mengandung susu, produk ini biasanya berbentuk seperti krim encer.

Kegunaan utama  milk cleanser  adalah membersihkan wajah, sekaligus melembutkan dan melembapkan. Paling cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering. Walaupun begitu penggunaan  milk cleanser  biasanya harus dirangkai dengan  toner  agar kulit tidak terasa berminyak. Bisa juga dilanjutkan dengan cuci muka.

5. Cleansing Cream

viva cleansing cream

Viva Cleansing Cream © Hargamurah08.web.id

Sama seperti milk cleanser, cleansing cream memiliki konsistensi layaknya lotion atau milk, tetapi lebih kental dan sedikit lengket. Biasanya produk seperti ini diperkaya minyak tumbuhan sebagai agen pelembap. Tujuannya adalah membersihkan kulit tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Produk ini lebih cocok untuk kulit kering yang cenderung sensitif.

6. Cleansing Oil

laneige fresh brightening cleansing oil

Laneige Fresh Brightening Cleansing Oil © Shopee/laneigeofficialshop

Opsi untuk membersihkan wajah bagi pemilik kulit kering selanjutnya adalah  cleansing oil.   Cleansing oil  diklain mampu membersihkan pori-pori secara maksimal tanpa menjadikan kulit kesat dan kering.

7. Micellar Water

ovale micellar cleansing water

Ovale Micellar Cleansing Water © Indonesia.fordeals.co

Berawal dari dunia kecantikan Prancis, komponen dari  micellar water  adalah  micelles , molekul-molekul mikro minyak pembersih yang tersuspensi di dalam air lunak.

Bila diusapkan pada kulit,  micelles  bekerja seperti magnet dan mengekstraksi semua partikel debu dan kotoran dari kulit.  Micellar water  bisa bertindak sebagai  makeup remover, cleanser,  dan  toner  di saat yang bersamaan. Ini bisa menjadi solusi praktis untuk mereka yang malas ribet dengan perawatan wajah atau sedang dalam perjalanan.

Karena keseimbangan dalam konsistensinya,  micellar water  baik untuk kulit wajah kering, berminyak, atau kombinasi.

8. Cleansing Wipes

melanox facial cleansing wipes and make up remover

Melanox Facial Cleansing Wipes And Make-Up Remover © Shopee/houseofdermaskincare

Cleansing wipes  pada dasarnya tak beda jauh dengan tisu basah yang dilengkapi dengan formula pembersih. Cocok untuk membersihkan  makeup  atau debu yang menempel di kulit saat perjalanan.

Produk ini sangat praktis untuk digunakan, namun bisa mengandung alkohol yang bisa mengeringkan kulit. Jadi lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit normal, berminyak, dan kombinasi.

9. All-in-one Cleanser

red a face cleanser all in one bengkuang

RED-A Face Cleanser All In One Bengkuang © Bukalapak

Pembersih wajah seperti ini biasanya sudah bisa membersihkan, meringkas pori, dan melembapkan dalam satu langkah. Sangat praktis untuk untuk digunakan. Cocok untuk segala jenis kulit.

10. Exfoliating Cleanser

the bath box sugar green tea face cleanser

The Bath Box Sugar Green Tea Face Cleanser © Instagram/thebathbox

Exfoliating cleanser  adalah tipe pembersih wajah yang baik untuk segala jenis kulit, kecuali mereka yang memiliki tipe kulit kering dan sensitif.

Exfoliating cleanser  biasanya memiliki fungsi membersihkan hingga ke tingkat pori sekaligus mengangkat kulit mati. Produk seperti ini membersihkan sisa  makeup  paling efektif, tetapi sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Pasalnya eksfoliasi hanya boleh dilakukan maksimal dua kali seminggu agar kulit tidak rusak.

Demikian tipe-tipe pembersih wajah yang beredar di Indonesia. Sudahkah Anda menemukan produk pembersih wajah yang paling sesuai dengan tipe kulit?

Baca juga:
Sabun hiu, cara baru merawat kulit sekaligus menjaga alam

Berita terkait: