10 pemain Feyenoord hempaskan Fortuna Sittard 3-1

Jakarta – ​​Feyenoord sukses menghempaskan Fortuna Sittard 3-1 meskipun harus mengakhiri laga dengan 10 pemain dalam pertandingan Liga Belanda kedua tim di Stadion Fortuna Sittard, Minggu.

Feyenoord harus tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-12 setelah Orkun Kokcu langsung mendapat kartu merah dari wasit Dennis Higler karena menginjak pergelangan kaki Zian Flemming saat berebut bola, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Tim tamu dikejutkan oleh gol cepat Fortuna Sittard yang dibukukan Zian Flamming saat laga belum menyentuh menit pertama.

Berawal dari serangan balik cepat, bola yang dikuasai Tesfaldet Tekie langsung diberikan kepada Zian yang lolos dari kawalan. Zian lantas mengakhirinya dengan sepakan mendatar ke pojok kanan gawang.

Kehilangan satu pemain seolah tak berarti bagi Feyenoord yang tetap mengendalikan permainan sepanjang babak pertama.

Marcos Senesi memaksa kedudukan 1-1 pada menit ke-34. Menerima bola muntah, dia melepaskan sepakan keras ke pojok atas gawang Fortuna yang dijaga Yanick van Osch.

Baca juga: Ajax kembali ambil alih puncak usai gasak Heracles Almelo

Menjelang babak pertama berakhir, Feyenoord mendapat hadiah penalti usai Bryan Linssen dilanggar di dalam kotak penalti oleh Martin Angha. Steven Berghuis yang menjadi eksekutor sukses menyarangkan bola.

Fortuna Sittard diganjar hukuman penalti untuk kedua kalinya menjelang babak kedua usai. Steven Berghuis yang kembali menjadi algojo menggetarkan gawang Yanick van Osch untuk kedua kalinya.

Hasil ini membuat Feyenoord naik ke posisi tiga dengan 21 poin atau terpaut satu angka dari Vitesse yang berada pada urutan kedua. Mereka berpotensi kembali disalip seandainya PSV Eindhoven mengalahkan Twente.

Fortuna Sittard harus memperpanjang puasa tanpa kemenangan hingga pekan kesembilan dan menduduki dasar klasemen.

Dalam pertandingan lain, Sparta Rotterdam menghajar ADO Den Haag setengah lusin tanpa balas di Stadion Het Kasteel, Rotterdam.

Ini adalah kemenangan kedua Sparta musim ini sekaligus menjauhi zona degradasi dan naik ke posisi 10 dengan sembilan poin, sebaliknya ADO masih tertahan di zona playoff  pada urutan 16  setelah hanya mengumpulkan empat poin.

Enam gol yang disarangkan Sparta ke gawang ADO dicetak Lennant Thy  pada menit 43 dan 59, Sven Mijnans menit ke-53, Abdoulrahmane Harraoui menit ke-56, dan dua gol dari Mario Engels pada menit 80 dan 85.

Baca juga: Vitesse sementara gusur Ajax dari puncak berbekal hasil imbang

Berita terkait: