10 Obat Sariawan Alami yang Aman dan Ampuh, Bantu Pulih Lebih Cepat

Sariawan atau Stomatitis aphtosa merupakan kondisi terjadinya peradangan di lapisan mukosa mulut (pipi, bibir, gusi, lidah) yang menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman. Pemulihan sariawan umumnya memerlukan waktu yang cukup lama. Meski demikian, Anda dapat mencoba menggunakan obat sariawan alami untuk mempercepat proses pemulihan.

Beberapa obat sariawan alami yang aman dan ampuh, di antaranya ada minyak kelapa, biji jeruk Bali, lidah buaya, air garam, es batu, kantung teh, madu, daun seledri, susu, hingga kayu manis.

Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu meredakan peradangan lantaran bersifat antibakteri, antijamur, antiradang, dan antiinflamasi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang obat sariawan alami, telah merangkumnya dari liputan6.com dan berbagai sumber.

Berikut ulasan lengkapnya.

Minyak Kelapa

ilustrasi minyak kelapa©Shutterstock

Obat sariawan alami yang pertama yaitu minyak kelapa murni. Kandungan minyak asam laurat dalam minyak kelapa murni dinilai dapat membantu mengobati sariawan.

Asam laurat bisa merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan. Setelah itu, berkumur lah dengan air hangat.

Biji Jeruk Bali

Obat sariawan alami yang kedua yaitu biji jeruk Bali. Hal ini karena ekstrak alami biji jeruk Bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman penyebab infeksi pada mulut.

Selain itu, antioksidan serta senyawa disinfektannya melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan serta mencegah bau saat sariawan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk Bali ke secangkir air hangat.

Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Lakukan perawatan ini selama tiga kali sehari.

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya

©Pixabay/mozo190

Lidah buaya merupakan salah satu obat sariawan alami yang aman dan ampuh. Lidah buaya dapat menjadi obat sariawan yang mendinginkan.

Cara penggunaannya, siapkan daun lidah buaya yang telah dicuci bersih, lalu oleskan daging lidah buaya secukupnya pada sariawan. Tunggu selama beberapa jam, dan ulangi cara ini dua sampai tiga kali.

Es Batu

batu©2018 Merdeka.com/Pixabay

Obat sariawan alami berikutnya yaitu es batu. Es batu dinilai efektif mengobati sariawan dan tidak terasa pahit. Kemampuan es batu dalam mengobati sariawan ini karena dinginnya dapat mengurangi peradangan luka.

Suhu dingin akan memperlambat aliran darah menuju sariawan. Sehingga, akan membuat rasa nyeri serta pembengkakan menjadi lebih lamat dan tak terasa perih.

Air Garam

Air garam juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat sariawan alami. Penggunaan air garam pun dapat untuk berbagai kalangan usia.

Garam dapat membantu menarik cairan luka sariawan. Proses pengeringan luka sariawan juga akan menjadi lebih cepat diatasi dengan air garam.

Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan ramuan tersebut satu sampai dua menit sebanyak tiga kali sehari.

Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan garam pada bagian yang ada sariawan, lalu bilas. Lakukan secara rutin agar sariawan cepat hilang.

Madu

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat membantu meredakan sariawan secara alami.

Rasanya yang manis ternyata ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang dialami. Selain itu, madu juga memiliki sifat antiradang serta antibakteri. Oleh sebab itu, tak heran jika madu mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan.

Kantung Teh

ilustrasi kantung tehShutterstock/Dr Ajay Kumar Singh

Obat sariawan alami selanjutnya yaitu kantung teh. Kantung teh celup hitam yang masih basah dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan.

Kantung teh dikenal memiliki kandungan tannin yang cukup tinggi. Apabila tak memiliki teh celup hitam, Anda dapat menggunakan teh celup chamomile. Teh celup chamomile juga mengandung zat antiradang yang baik untk pemulihan.

Daun Seledri

Selain sebagai pemanis pada tampilan makanan, daun seledri ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk obat sariawan alami. Selederi mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda hanya perlu menghancurkan beberapa helai daun seledri. Kemudian oleskan daun seledri pada bagian yang terkena sariawan.

Susu

019 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Obat sariawan alami berikutnya yaitu susu. Susu mengandung kalsium yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Selain itu, kandungan lemaknya merupakan antivirus yang bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Tak hanya itu, susu juga mengandung magnesium yang dapat menyembuhkan rasa sakit karena sariawan. Oleh sebab itu, cobalah gunakan susu untuk menyembuhkan sariawan.

Kayu Manis

Kayu manis juga menjadi salah satu obat sariawan yang dikenal efektif. Hal ini karena sifat antiparasit dan antijamur yang dimiliki oleh kayu manis.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus atau rendam sepotong kayu manis pada 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Berita terkait: