10 Miliarder Muda dari China yang Bisa Jadi Panutan

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, China turut mengukir prestasi dalam mengatasi pandemi dan membangkitkan perekonomiannya. Salah satu bukti laju percepatannya tergambar dari pencapaian pada miliarder mudanya. Sebab, jumlah kekayaan miliarder muda China di tahun ini terakumulasi mencapai lebih dari USD 223 Miliar.

Dilansir dari CNBC yang mengutip Daftar Orang Kaya Hurun terbaru, pada 2020, China memiliki 60 miliarder di bawah usia 40 tahun. Kemudian, 14 orang dari mereka bergabung dengan klub miliarder untuk pertama kali di tahun ini.

Terlebih, pasar saham yang didorong oleh sektor teknologi mengalami kemajuan pesat, diikuti dengan beberapa Intial Public Offering (IPO) yang menjadi faktor bagaimana pertumbuhan kekayaan terjadi di tengah virus corona.

Peningkatan ini membuat China menjadi rumah bagi 878 miliarder dengan kekayaan gabungan sebesar USD 4 Juta Triliun. Jika dibandingkan dengan tahun 2010 atau satu dekade lalu, angka miliarder China terhitung hanya 189 orang.

“Dunia belum pernah melihat kekayaan sebanyak ini dibuat hanya dalam satu tahun. Pengusaha China telah melakukan jauh lebih baik dari yang diharapkan. Meskipun COVID-19, mereka meningkat ke level di atas rekor,” kata Ketua dan Kepala Peneliti Laporan Hurun, Rupert Hoogewerf.

Di tahun yang ke 22 ini, laporan tahunan Hurun mengenai peringkat ingin memberi gambaran bagaimana ekonomi China dapat tumbuh bersama miliarder-miliarder yang lahir di China maupun di luar daratan China. Laporan ini dibuat dengan memanfaatkan data dan wawancara.

Berikut adalah 10 orang miliarder China dengan pendapatan Miliaran, berumur di bawah 40 tahun. Jadi, buat Anda yang masih belum berulang tahun ke 40, masih ada waktu untuk mengukir pundi-pundi rupiah dan jadi miliarder.

1. Huiyan Yang dan Keluarga, 39 Tahun

Wanita berusia 39 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 33,1 Miliar (setara Rp 400 Ribu Triliun). Pada tahun ini, kekayaannya melonjak 29 persen. Dia juga termasuk ke dalam Perempuan Terkaya di Asia sebagai pemegang saham mayoritas dari Country Garden, perusahaan pengembang properti yang dikembangkan oleh mendiang sang ayah, Guoqiang Yang, di Guandong.

2. Zeitian Zhang, JD.com, 27 tahun

Zetian Zhang dan suaminya, Qiangdong Liu memiliki kekayaan gabungan yang melonjak 111 persen menjadi USD 23,5 Miliar (setara Rp 344 Ribu Triliun) pada 2020. Sebagian besar, pertumbuhan ini disebabkan karena pertumbuhan signifikan perusahaan e-commerce Liu, JD.Com.

Sebagai seorang pengusaha wanita, Zhang merupakan seorang investor dan memegang peran sebagai penasihat mode pada bisnis mewah JD. Sejak umur 24 tahun, ia termasuk di ‘Daftar Miliarder Muda Wanita China’.

3. Hao Yan, Pasific Construction Group

Lelaki berumur 34 tahun ini merupakan ketua dari perusahaan konstruksi yang bermarkas di Xinjiang bernama Pacific Construction Group. Adapun, perusahaan ini didirikan oleh ayahnya, CEO JieHe Yan pada tahun 1986. Dia memiliki kekayaan bersih USD 21,3 Miliar (setara Rp 312 Ribu Triliun).

4. Yiming Zhang, 37 Tahun, ByteDance

Yiming Zhang merupakan bos dari perusahaan internet yang memelopori aplikasi kontroversial dan sempat bersitegang dengan Amerika Serikat (AS), TikTok. Pasalnya, platform video pendek TikTok ini mengalami pertumbuhan yang signifikan di luar China, bahkan membalap Instagram untuk mendapat peringkat sebagai aplikasi media sosial pilihan remaja di AS.

Hal inilah yang memancing AS untuk menaruh curiga pada TikTok terkait keamanan data pengguna mereka. Di luar lika-liku masalahnya, Yiming meraih kekayaan sejumlah USD 16,2 Miliar (atau setara Rp 237 Ribu Triliun).

5. Bangxin Zhang, 39 Tahun, TAL Education

Dengan kekayaan bersih sebanyak USD 14 Miliar (setara Rp 205 Ribu Triliun), Zhang adalah salah satu pendiri sekaligus ketua bisnis bimbingan belajar TAL Education yang kantor pusatnya berada di Beijing. Perusahaan yang bergerak sejak 2003, perusahaan ini go-public di Bursa Efek New York pada 2010 dan telah mencatat pertumbuhan pesat di tahun 2020 lantaran adanya budaya pembelajaran jarak jauh sejak virus Corona.

6. Gang Zhang dan keluarga, Xinfalyudian

Dalam usianya yang 39 tahun, Gang Zhang yang saat ini memegang perusahaan aluminium Xinfalyudian diperkirakan memiliki kekayaan bersih USD 8,8 Miliar (setara Rp 129 Ribu Triliun). ia bahkan telah meningkatkan kekayaannya 100 persen pada tahun lalu dan berada di nomor 32 dalam daftar orang kaya 2020 secara keseluruhan.

7. Xiaosong Wang, 33 tahun, Seazen

Dengan kekayaan bersih USD 6,4 Miliar (setara Rp 93 Ribu Triliun), Xiaosong Wang adalah seorang ketua dan presiden perusahaan real estate Seazen yang berusia 33 tahun. Wang berbagi kekayaan dengan ayahnya, Zhenhua, yang dia gantikan posisinya pada 2019.

8. Qun Wu, 32 tahun, Yuwell

Qun Wu yang baru memasuki usia 32 tahun adalah putra Guangming Wu, pendiri sekaligus ketua pembuat peralatan medis Yuwell. Jika diakumulasi, mereka memiliki kekayaan bersih USD 5,3 Miliar (setara Rp 77 Ribu Triliun) dan diketahui naik 50 persen dari tahun lalu.

9. Gang Ye, 39 tahun, Perusahaan ‘Sea’

Dalam usianya yang ke 39, Gang Ye merupakan ‘anak baru’ dalam daftar tahun ini. Ia lahir di China dan meraup keuntungan perusahaan di Singapura sebagai salah satu pendiri perusahaan internet Sea. Sebagai pengembang di balik aplikasi permainan populer Free Fire, Sea mendapat keuntungan dari lonjakan minat bermain game di tahun ini. Saham perusahaan dilaporkan memiliki kinerja baik di bulan Agustus dan menghasilkan kekayaan bersih sebesar USD 4,9 Miliar (setara Rp 71 Ribu Triliun)

10. Hua Su, 38 tahun, Kuaishou

Hua Su mendirikan aplikasi pembuat GIF, Kuaishou pada tahun 2011, tetapi mengubahnya menjadi platform berbagi video yang populer di kalangan pengguna terutama di pedesaan China. Sebelum mendirikan perusahaan, Hua Su sempat menjadi pegawai Google dan mesin pencarian internet di China bernama Baidu. Saat ini, kekayaan bersihnya terhitung USD 3,8 Miliar (setara Rp 55 Ribu Triliun).

Melalui prestasi mereka, dapat dibuktikan bahwa kesuksesan tidak mengenal usia, asal bisa memanfaatkan segala kondisi dan celah untuk terus adaptif melawan perubahan yang ada. Dari 10 orang tersebut, mana yang paling bikin Anda terinspirasi?

Reporter Magang: Theniarti Ailin

Berita terkait: