10 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat beras kencur untuk kesehatan cukup banyak. Beras kencur merupakan salah satu jamu yang khasiatnya sudah dikenal sejak dulu. Beras kencur juga menjadi salah satu jamu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat tanah air.

Jamu beras kencur memiliki rasa yang enak dan dapat pula diminum oleh anak-anak. Racikan dari jamu beras kencur terdiri dari kencur, asam jawa, beras, serta kelapa muda.

Manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan di antaranya, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati infeksi dan meredakan peradangan, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, hingga memperlambat produksi sel kanker.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat beras kencur untuk kesehatan, telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Bantu Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

lari©VideoBlocks

Manfaat beras kencur untuk kesehatan yang pertama yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam beras kencur.

Antioksidan tersebut mampu menghalau berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan antiinfeksi serta antiinflamasi dalam beras kencur juga dikenal mampu melawan penyakit infeksi serta meredakan peradangan.

Mengobati Infeksi dan Meredakan Peradangan

Seperti yang telah disebutkan di atas, beras kencur diketahui ampuh untuk mengobati infeksi. Beras kencur mengandung zat-zat yang bersifat antibakteri yang mampu melawan infeksi serta berbagai penyakit akibat bakteri.

Selain itu, beras kencur juga dapat membantu meredakan peradangan. Hal ini karena beras kencur memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan.

Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar Ultraviolet

Manfaat beras kencur untuk kesehatan berikutnya yaitu melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Radiasi sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar, kerusakan mata, hingga kanker kulit.

Kandungan senyawa etil parametoksisinamat (EPMS) dalam kencur ternyata mampu melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar UV. Hal ini karena salah satu manfaat senyawa tersebut ialah sebagai bahan dasar sediaan produk tabir surya, yang melindungi kulit dari efek buruk radiasi sinar UV.

Atasi Gejala Batuk dan Kembung

ilustrasi batuk

©medicalnewstoday.com

Salah satu manfaat dari beras kencur yaitu dapat mengatasi gejala batuk. Apabila Anda merasakan gejala akan batuk, cobalah untuk mengonsumsi jamu beras kencur sebanyak tiga kali sehari.

Selain itu, mengonsumsi beras kencur juga diketahui dapat mengatasi perut kembung. Minumlah jamu tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi perut kembung.

Membantu Pemulihan Patah Tulang

Manfaat lain dari beras kencur yaitu membantu pemulihan patah tulang. Saat seseorang mengalami patah tulang, maka umumnya ia akan mengalami pembengkakan dan rasa nyeri.

Sifat antiinflamasi dari beras kencur bisa membantu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri yang dirasakan. Oleh sebab itu, tak heran jika sejak dulu beras kencur dipercaya dapat membantu pemulihan patah tulang.

Meningkatkan Nafsu Makan

susah makan

©Sheknows

Mengonsumsi beras kencur telah dipercaya sejak dulu dapat meningkatkan nafsu makan. Apabila anak Anda mengalami susah makan, maka cobalah untuk memberinya jamu beras kencur.

Kandungan dalam beras kencur sejak dulu dipercaya dapat membuat anak lebih mudah makan sehingga akan berpengaruh pada peningkatan berat badan dan pertumbuhannya.

Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat lain dari beras kencur yaitu membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Beras kencur mempunyai sifat anti kanker lantaran mengandung etil p-metoksisinamat.

Oleh sebab itu, konsumsi lah jamu beras kencur secara cukup untuk memperoleh manfaat-manfaatnya. Salah satunya, memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi Masalah Pencernaan

ilustrasi diare

©©Shutterstock.com/ Alliance

Jamu beras kencur juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Dalam jurnal ‘International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences’ disebutkan bahwa jamu beras kencur dapat membantu mengatasi beberapa gangguan pencernaan, seperti diare ataupun sakit perut.

Berita terkait: