10 Makanan dan Minuman yang Bisa Memberi Kehangatan di Musim Hujan

Memasuki musim penghujang seperti sekarang, suhu udara bisa turun secara drastis. Walau siang sebelum hujan bisa terasa sangat panas, pada malam hari setelah hujan udara bisa menjadi sangat dingin.

Kondisi hawa yang dingin secar tiba-tiba ini bisa membuat tubuh menjadi kaget. Untuk menyiasatinya, kita bisa mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman tertentu.

Walaupun ketika hawa dingin tubuh ingin makan terus-menerus, namun terdapat sejumlah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi jika mendamba kehangatan. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan yang dapat menghangatkan tubuhmu dengan cepat.

Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya dengan zat antioksidan serta vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan wortel menjaga agar kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh kamu tetap prima di musim hujan seperti saat ini. Kamu bisa mengolah wortel dengan menjadikannya sup sayuran yang hangat.

Jeruk

Menurunnya sistem kekebalan tubuh mampu menjadikan tubuh kamu sebagai magnet dari berbagai macam virus dan penyakit untuk hinggap di tubuh. Oleh karena itu, membutuhkan suntikan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan rutin makan jeruk segar setiap hari.

Daging dan Kentang

kentang

Daging dan Telur Ayam

Berbagai macam daging dapat menjadi sumber kehangatan dan mengenyangkan perutmu sekaligus. Selain itu, jenis daging ini bisa menangkal penyakit flu serta demam yang menyerangmu ketika musim hujan.

Kentang

Makan kentang bisa menjadi alternatif menu karbohidrat kamu di musim hujan. Kentang sendiri memiliki kandungan tinggi pada vitamin dan protein yang merupakan kombinasi sempurna untuk meningkatkan kualitas kesehatan kamu.

Jambu dan Madu

madu

Jambu Biji

Selain didapat dari buah jeruk, vitamin C juga bisa kamu dapat dengan mengonsumsi jambu biji. Selain kaya kandungan vitamin C, jambu biji juga mengandung kalium dan magnesium yang mampu mendukung kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Madu

Madu adalah salah satu cairan serba bisa yang bermanfaat besar untuk kesehatan tubuh kamu. Madu mampu menjadi pengganti gula alami yang efektif untuk meredam risiko diabetes. Mengonsumsi madu secara rutin juga dapat mencegah serangan sakit tenggorokan dan demam di musim hujan.

Buah yang Bisa Menghangatkan Badan

bisa menghangatkan badan

Buah Delima

Buah berwarna merah menyala ini merupakan buah yang kaya dengan zat antioksidan, zat besi, polifenol, dan vitamin C. Makan delima mampu meningkatkan aliran darah sehingga tubuh kamu tetap hangat dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah Kering dan Kacang-Kacangan

Menikmati cemilan saat udara dingin di musim hujan memang menyenangkan. Salah satu cemilan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah kering dan kacang-kacangan. Pasalnya, makanan ini kaya dengan asam lemak, protein, dan vitamin E yang semuanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kamu di musim hujan.

Bahan Lain yang Bisa Menghangatkan Tubuh

yang bisa menghangatkan tubuh

Jahe dan Bawang Putih

Jahe dan bawang putih merupakan rempah-rempah populer yang mampu menghangatkan tubuh kamu di musim hujan. Keduanya juga tinggi dengan zat antioksidan dan zat anti inflamasi yang mampu menyehatkan tubuh.

Yogurt

Makan yogurt menghadirkan sejumlah manfaat untuk kesehatan pencernaan karena adanya kandungan bahan probiotik di dalamnya. Jika kesehatan pencernaan kamu sudah berjalan dengan baik, maka hal ini berdampak positif pula untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Sejumlah makanan tersebut dapat secara luar biasa menghangatkan tubuh kamu. Konsumsi sejumlah makanan tersebut agar tetap hangat dan sehat ketika musim hujan mendera.

Baca juga:
Menggunakan Temulawak untuk Melawan Hepatitis Hingga Penyakit Kanker

Berita terkait: