10 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menguruskan Jari-Jari Tangan

Banyak orang yang memimpikan untuk memiliki jari-jari tangan yang lentik, panjang, dan kurus. Kondisi ini bisa membuat jari terlihat lebih cantik terutama ketika ada di foto.

Tampilan jari yang cantik ketika dipotret ini menjadikannya sangat diinginkan wanita terutama sebelum melangsungkan pernikahan. Walau begitu, dibanding menurunkan berat badan secara keseluruhan dan menguruskan tubuh, menguruskan jari-jari tangan mungkin lebih sulit dilakukan.

Terdapat sejumlah hal yang mempengaruhi ukuran jari-jari seseorang yang kadang tidak hanya disebabkan oleh berat badan. Faktor genetik dan kesehatan secara keseluruhan bisa mempengaruhi ukuran jari-jari tangan ini.

Walau terdapat sejumlah faktor, namun menguruskan jari-jari tangan ini mungkin dan bisa dilakukan. Dilansir dari Makeup and Beauty, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menguruskan jari-jari tangan.

Peregangan dan Memperkuat Genggaman

memperkuat genggaman

Peregangan

Peregangan secara dasar merupakan hal yang bisa kamu lakukan kapan pun di mana pun. Kamu bisa melakukannya dengan meletakkan tangan menempel di meja dan tekan sedatar mungkin ke bawah. Lakukan tekanan ini selama 30 hingga 60 detik dan ulangi setidaknya 4 kali pada setiap tangan.

Olahraga Menguatkan Genggaman

Melatih genggaman tangan bisa membantu jari-jari menjadi lebih kuat. Kamu bisa melakukannya dengan bola yang bisa diremas atau juga bola tenis. Remas bola selama 2-3 detik dan terus ulangi pada masing-masing tangan setidaknya 15-20 kali.

Melatih Jari-Jari Tangan

jari tangan

Olahraga Jari-Jari Tangan

Latihan ini bisa membuat jari menjadi kurus dan lebih lentur. Kamu bisa meregangkan jari dengan jara meneyentuhkan ujung jari ke bagian pangkal jari serupa membentuk cakar. Lakukan pose ini selama 40-50 detik kemudian lepaskan.

Mengangkat Jari-Jari

Untuk melakukannya, kmu harus menempelkan jari sedatar mungkin ke meja seperti yang dilakukan pertama kali. Kemudian angkat jari satu per satu secara bergantian dan tahan selama 1-2 kali kemudian ulangi setidaknya 12-15 kali.

Push Up Jari

Dibanding cara yang lain, latihan ini mungkin lebih berat namun bisa jadi alternatif. Walau sulit, namun cara ini bisa lebih cepat dalam melatih kekuatan jari-jari.

Latihan pada Jempol

jempol

Latihan Jempol dengan Karet

Untuk melakukan ini, kamu butuh menggunakan karet. Pasang karet antara jempol dan jari telunjuk kemudian tarik hingga membentuk sudut 90 derajat. Tahan selama 30-60 detik dan ulangi selama 10-15 kali pada setiap tangan.

Melenturkan Jempol

Regangkan jempol sejauh mungkin kemudian sentuhkan pada masing-masing pangkal jari. Lakukan secara berulang untuk memuat jari menjadi lentur dan tampak kurus serta lentik.

Kegiatan Sehari-Hari yang Bisa Melatih Jari

hari yang bisa melatih jari

Aktivitas yang Bisa Melatih Jari

Beberapa aktivitas kompleks yang kita lakukan sehari-hari bisa membantu melatih jari. Kamu bisa mencoba mengetik dengan cepat atau bermain alat musik seperti piano dan gitar. Hal ini bisa melatih jari bergerak lebih cepat dan mengurangi risiko penumpukan lemak di jari.

Bermain Plastisin

Bermain plastisin bisa jadi cara menyenangkan dan kreatif untuk melatih dan menguruskan jari-jari. Hal ini bisa melatih jari tetap aktif dan membakar lebih banyak kalori di bagian tersebut.

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak bisa membantu melatih kekuatan jari. Kamu juga bisa mencuci baju dengan tangan atau bertanam untuk melatih sekaligus menguruskan jari-jari tangan.

Selain melakukan berbagai latihan ini, pastikan juga untuk menghindari konsumsi makanan rendah garam demi menghindari retensi cairan di bagian jari. Imbangi juga dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Baca juga:
Biasakan Memakai Masker saat Berbicara, Ini Cara Membuatnya Lebih Mudah Dilakukan
Membebaskan Stres dari Lansia dengan Cara Membaca Buku
Lakukan Olahraga Secara Teratur demi Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

Berita terkait: