Published On: Sel, Feb 5th, 2019

SIWO Golden Award PWI 2019, Catat Sejarah Pertama Penghargaan Atlet Disabilitas

Share This
Tags

JAKARTA,IJN.CO.ID – Penyelenggaraan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 yang akan digelar di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/2).Catat sejarah untuk pertamakalinya memberikan penghargaan kepada atlet disabiltas berprestasi di Asian Games 2018 lalu.

Hal itu disampaikan Ketua SIWO Pusat AAGWA Ariwangsa, saat jumpa pers, Senin (4/2/2019) di Senayan Jakarta.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Firmansyah Gindho dan Wakil Ketua, Azhari Nasution memastikan persiapan kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019 ini, sudah mencapai 80 persen.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras seluruh personil panitia dan dukungan dari semua pihak, persiapan penyelenggaraan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 berjalan lancar. Persiapan sudah 80 persen. Jadi praktis tinggal 20 persen lagi. Dengan sisa waktu yang ada, dipastikan persiapan akan rampung 100 persen,” kata Firmansyah Gindo di Jakarta, Senin, 4 Februari 2019.

“Yang 20 persen lagi di Surabaya. Panitia inti akan berangkat pada tanggal 5 Februari ke Surabaya. Setibanya di Surabaya kami akan langsung mengadakan rapat koordinasi dengan Protokoler Pemerintah Provinsi Jawa Timur selaku tuan rumah. Mengingat banyak pejabat negara yang akan hadir dalam acara Golden Award SIWO PWI Pusat 2019. Apalagi, Presiden Joko Widodo juga direncanakan bakal hadir ,” imbuh wartawan senior dari RRI ini.

Terkait kepastian kehadiran Presiden Joko Widodo dalam acara pemberian penghargaan kepada para atlet dan pelatih berprestasi serta para tokoh-tokoh yang perduli terhadap olahraga tersebut. Azhari Nasution mengatakan Panpel masih menunggu konfirmasi dari Istana.

“Kita sudah kirim undangan resmi kepada Presiden Joko Widodo melalui Ketua TKN, Erick Thohir dan Menpora, Imam Nahrawi,” tutur Azhari yang juga wartawan senior.

“Melalui pesan WhatsApp yang saya terima dari Pak Imam. Undangan ke Presiden sudah disampaikan melalui Mensesneg,” tambahnya.

Ketua SIWO PWI Pusat AAGWA Ariwangsa menambahkan acara Golden Awards tahun ini dinilai sangat istimewa karena momentumnya disemangati oleh sukses Indonesia sebagai tuan rumah dan pencapaian prestasi atlet Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Khusus untuk pencapaian prestasi, Indonesia menembus posisi empat besar Asian Games 2017l8 dengan raihan 31 medali emas, serta posisi lima besar Asian Para Games dengan torehan 37 medali emas.

“Dan momentum menjadi tuan rumah Asian Games ini belum tentu akan terulang kembali hinggga 50 tahun ke depan,” kata Ariwangsa.

Nominasi

Selain teknis penyelenggaraan menyangkut protokoler maupun acara, personil Panpel di Bidang Penjurian juga telah merampungkan tugasnya untuk menyaring nama-nama atlet, pelatih dan tokoh yang dinilai layak menerima penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019.

Ketua Dewan Juri Golden Award SIWO PWI Pusat 2019, TB Slamet Priyanto menjelaskan fase penjurian telah mengerucut bahkan dia bersama tim sudah menetapkan nominator-nominator calon penerima penghargaan kategori utama untuk umum dan disabilitas.

Pada umum total ada 15 kategori penghargaan yang akan diberikan pada Golden Award SIWO PWI Pusat 2019. Antara lain, Kategori Atlet Terbaik Putra, Atlet Terbaik Putri, Pelatih Terbaik, Pembina Terbaik, Tim Terbaik, Atlet Harapan Putra, Atlet Harapan Putri, Tim Harapan, Pelatih Harapan, Pembina Harapan, Atlet Favorit Putera, Atlet Favorit Putri, Pelatih Favorit, Pembina Favorit dan Tim Favorit.

Sementara pada disabilitas ada delapan kategori penghargaan, antara lain, Kategori Atlet Terbaik Putera, Atlet Terbaik Puteri, Pelatih Terbaik, Pembina Terbaik, Atlet Harapan Putera, Atlet Harapan Puteri, Atlet Favorit Putera dan Atlet Favorit Puteri.

Berikut nama para nominator calon penerima penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 di seluruh kategori untuk umum dan disabilitas.

Umum

Kategori Atlet Terbaik Putera
Nominator: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (bulutangkis), Eko Yuli Irawan (angkat besi) dan Hanifan Yudani Kusuma (pencak silat)

Kategori Atlet Terbaik Puteri
Nominator: Linds Well (wushu), Defia Rosmaniar (taekwondo) dan Aries Susanti Rahayu (panjat tebing)

Kategori Pelatih Terbaik
Nominator: Herry Imam Pierngadi (bulutangkis/ganda putera), Caly Setiawan (panjat tebing) dan Gendon Subandono (paralayang)

Kategori Pembina Terbaik
Nominator: Faisol Riza (Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia), Asnawi Abdul Rahman (Ketua Umum Persatuan Sepak Takraw Indonesia) dan Ir Airlangga Hartarto (Ketua Umum PB Wushu Indonesia)

Kategori Tim Terbaik
Nominator: Tim Rowing Putera Asian Games 2018, Tim Quadran Takraw Putera AG dan Timnas U16

Kategori Atlet Harapan Putera
Nominator: Lalu Muhammad Zohri (atletik), Angga Dwi Prahesta (balap sepeda) dan Amiruddin Bagus Khafi (sepak bola)

Atlet Harapan Puteri
Nominator: Samantha Edithso (catur), Putri Nur Vinatasari (angkat besi) dan Bunga Nyimas (skateboard)

Kategori Tim Harapan
Nominator: Tim Persib U-16 dan Tim Persib U-18

Kategori Pelatih Harapan
Nominator: Rosida (pelatih pertama atlet atletik, Lalu Muhammad Zohri), Fachry Husaini (sepak bola) dan Bambang Warsito (pelatih pesepakbola muda berbakat Egy Maulana Vikri)

Kategori Pembina Harapan
Nominator: Kepala PPLP Nusa Tenggara Barat, Presiden Direktur Djarum Foundation, Victor Hartono dan Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Anindya Bakrie

Kategori Atlet Favorit Putera
Nominator: Jonathan Christie (bulu tangkis), Hanifan Yudani Kusuma (pencak silat) dan Aqsa Sutan Aswar (jet ski)

Kategori Atlet Favorit Puteri
Nominator: Diananda Choirunnisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam) dan Emily Nova (atletik)

Kategori Pelatih Favorit
Nominator: Richard Mainaky (bulu tangkis), Indra Sjafrie (sepak bola) dan Dirja Wiharja (angkat besi)

Kategori Pembina Favorit
Nominator: Gatot Nurmantyo (Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia), Imam Sujarwo (Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dan Erick Thohir (pemilik klub basket Satria Muda)

Kategori Tim Favorit
Nominator: Persija Jakarta, Tim Basket Putera Asian Games 2018 dan Tim Bulutangkis Putera AG 2018

Disabilitas

Kategori Atlet Terbaik Putera
Nominator: M Fadli (balap sepeda), Dheva Anrimusthi (bulutangkis) dan Purnomo Sapto Yogo (atletik)

Kategori Atlet Terbaik Puteri
Nominator: Leani Ratri Oktila (bulutangkis), Tati Karhati (catur) dan Rica Oktavia (atletik)

Kategori Pelatih Terbaik
Nominator: Nur Islahuzzaman (lawn ball), M Nurochman (bulutangkis) dan Waluyo (renang)

Kategori Pembina Terbaik
Nominator: Shenny Marbun (Ketua Umum National Paralympic Committee)

Kategori Atlet Harapan Putera
Nominator: Sufyan Saori (balap sepeda)

Kategori Atlet Harapan Puteri
Nominator: Syuci Indriani (renang) dan Tiarani Kharisma Evi (atletik)

Kategori Atlet Favorit Putera
Nominator: M Fadli (balap sepeda), David Jacobs (tenis meja) dan Edy Suryanto (catur)

Kategori Atlet Favorit Puteri
Nominator: Tati Karhati (catur), Leani Ratri Oktila (bulutangkis) dan Suparniyati (atletik)

(*/jef)