Published On: Kam, Des 6th, 2018

Percha Leanpuri Siap Pimpin Boling Indonesia

Share This
Tags
(foto:IJN)

(foto:IJN)

JAKARTA,IJN.CO.ID – Percha Leanpuri siap memimpin Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) bila Musyawarah Nasional PB PBI yang berlangsung, Jum’at (7/12/2018) di Hotel Ambara memilih dan mempercayakan dirinya sebagai ketua umum.

“Mohan bantuan teman-teman wartawan mengkawal saya, bila terpilih menjadi ketua umum demi memajukan olahraga di Indonesia,” ungkap Percha saat jumpa pers, Kamis (6/12/2108) di Hotel Beeveeu Jakarta.

Wanita berusia 32 tahun ini memang bukan dari kalangan olahragawan. Statusnya yang merupakan sebagai mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah RI periode 2009- 2014, merasa tertantang untuk menjadi ketua umum PB PBI untuk masa bakti 2018 – 2022. Apalagi, dia memiliki tekad untuk membangun bowling bisa lebih merata di sejumlah wilayah Indonesia.

Percha Leanpuri (foto:IJN)

Percha Leanpuri (foto:IJN)

“Ya, saya ingin menghilangkan stigma eksklusivitas bowling di masyarakat. Itu tekad saya jika terpilih sebagai. Ketua PBI,” kata Percha saat ditemui di Hotel Bellevue, Jakarta Selatan, Kamis (6/12).

Bowling merupakan olahraga yang dalam satu dekade terakhir berkembang pesat di Tanah Air. Permainan yang menggunakan bola dan pin ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Hanya, antusiasme publik itu terkendala sarana dan prasarana. Akibatnya, bowling pun jadi olahraga yang terkesan eksklusif. Itu terlihat dari jumlah tempat yang menyediakan bowling. Baik untuk olahraga atau sekadar hobi yang masih minim.

“Bowling Goes to School jadi program utama saya. Intinya, saya ingin meningkatkan prestasi bowling di Tanah Air diawali dari segi pembinaan. Untuk itu, saya akan merangkul pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Agar, mereka juga bersama PB turut mengangkat prestasi bowling,” ucap Percha.

Tekad dari putri Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru ini beralasan. Pasalnya, Percha tidak asing dengan bowling. Dia sudah menggeluti bowling sejak kecil. Kini, kepengurusan PBI 2018-2022 sedang dibuka dengan Percha pun berinisiatif untuk jadi pemimpin demi membenahi prestasi bowling di Tanah Air.

“Saya memang masih muda. Namun, menurut saya, usia tidak jadi masalah. Saya ingin memajukan olahraga ini. Terutama mengingat Indonesia akan menghadapi SEA Games 2019. Tahun depan, tentu kita harus lebih baik dari sebelumnya,” Percha, menjelaskan.

Catatan itu menjadikan Merah-Putih menempati urutan ketiga di bawah Malaysia yang jadi juara umum dengan tujuh emas diikuti Singapura (dua). Tahun depan, SEA Games 2019 berlangsung di Filipina dengan Percha berharap hasilnya bisa lebih baik.(*/jef)