Published On: Ming, Okt 13th, 2019

KONI Pusat Terbitkan SK 37 Cabang Olahraga PON XX 2020 Papua

Share This
Tags

JAKARTA,IJN.CO.ID – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman bersama dengan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, telah menandatangani Surat Keputusan (SK) Penyempurnaan Penetapan Cabang Olahraga, Nomor Pertandingan dan Kuota Atlet Setiap Cabang Olahraga PON XX/2020.

Siaran pers Humas KONI Pusat menyebutkan penandatanganan SK tersebut berlangsung di Gedung Negara Pemerintah Provinsi Papua, 11 Oktober 2019. Disaksikan perwakilan dari Kemenko PMK RI, Kemenko Perekonomian RI, Kemenpora RI serta dihadapan para pimpinan SKPD Pemerintah Provinsi Papua.

SK tersebut menetapkan sebanyak 37 Cabang Olahraga, 56 Disiplin Cabang Olahraga, 679 Nomor Pertandingan/Perlombaan dan 6442 Orang Kuota Atlet.

SK penyempurnaan cabang olahraga adalah berawal dari hasil Rapat Terbatas Kabinet yang di Pimpin Oleh Presiden RI pada tanggal 26 Agustus 2019.Diputuskan cabang olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan tuan rumah dari 47 cabang olahraga menjadi 37 cabang olahraga. Penyelenggaraan terdapat di 3 Kota/Kabupaten (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupatem Mimika dan Kabupaten Merauke sebagai Kabupaten Penyangga).

“Dengan telah ditandatanganinya SK cabang olahraga diharapkan dapat digunakan sebagai dasar baik oleh KONI Provinsi sebagai peserta dalam menyiapkan kontingen, induk cabang olahraga terkait dalam penyusunan kepanitiaan pertandingan, serta bagi PB PON XX/2020 dalam penyiapan penyelenggaraan,” jelas Marciano Norman dalam siaran persnya.

Kesepakatan merumuskan 37 cabang olahraga berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain : Kesiapan Venue Pertandingan di Provinsi Papua, Termasuk dalam Cabang Olahraga Olimpik, Cabang Olahraga Yang Memiliki Prestasi Internasional, serta Potensi Prestasi Kontingen Provinsi Papua.

MENINJAU SARAN PERTANDINGAN
Dijelaskan, Ketua Umum KONI Pusat pada tanggal 11 Oktober 2019 bersama perwakilan Kemenko PMK RI, Kemenko Perekonomian RI, dan Kemenpora RI meninjau langsung persiapan yang sedang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Papua khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur pertandingan.

Rombongan meninjau langsung pembangunan sarana pertandingan di Kota dan Kabupaten Jayapura antara lain : GOR Cenderawasih, Lapangan Tenis Walikota Jayapura, GOR Waringin, Stadion Utama Papua Bangkit, Istora Kampung Harapan, Akuatik Kampung Harapan, serta Sport Center Doyo Baru untuk Cabang Olahraga Hoki dan Cricket. Setelah melaksanakan tinjauan secara langsung Ketua Umum KONI Pusat optimis jika pembangunan infrastruktur akan selesai sebelum PON XX/2020 berlangsung.

PON XX/2020 akan diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober – 2 November 2020 di mana pembukaan akan dilangsungkan di Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan Kabupaten Jayapura.(jef)