Published On: Sab, Okt 13th, 2018

Kharisma’98 Laksanakan Bakti Sosial Donor Darah

Share This
Tags
(foto:Ist)

(foto:Ist)

JAKARTA, IJN.CO.ID -. Alamuni Sekolah Pertama Perwira Prajurit Karir Angkatan Bersenjata  Republik Indonesia (Semapa PK ABRI) Angkatan V tahun 1998 yang tergabung dalam Kharisma’98 Wilayah Jakarta bekerja sama dengan UTD PMI Jakarta Utara melaksanakan Bakti Sosial Donor Darah di Skadron Pendidikan (Skadik) 505 Wingdikum, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (12/10/2018).

Letkol Kes Novita Sari yang juga alumnus Semapa PK V selaku Komandan Skadik 504 Wingdikum sebagai tuan rumah dan koordinator pelaksanaan donor darah mengatakan bahwa target kegiatan donor darah ini akan menampung 100 kantong darah. “Peserta donor darah ini selain anggota Kharisma’98  dan keluarganya serta dari matra Darat, Laut, Udara dan Polri yang bertugas di Wilayah Jakarta dan sekitarnya, juga diikuti oleh para staf dan siswa Skadik 505 serta Skadik 505 Wingdikum,” ucapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Letkol Sus Harianto yang sehari-hari menjabat Komandan Skadik 505 Wingdikum selaku Ketua Panitia Reuni Akbar Kharisma’98 menjelaskan bahwa kegiatan Bakti Sosial Donor Darah merupakan rangkaian dari acara Reuni Akbar Semapa PK ABRI yang acara puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018 di Museum Keprajuritan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

“Selain di Jakarta, kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia seperti Makassar, Bandung, Yogyakarta dan Malang yang dikoordinasikan oleh para Anggota Kharisma’98 setempat. Donor darah di wilayah Makassar dan Bandung sudah terlaksana yang dipimpin dr. Nikolas Ardito dan Letkol Pas Wendi Bahtiar,” jelas Letkol Sus Harianto.

(foto:Ist)

(foto:Ist)

Ditambahkan oleh Letkol Sus Harianto, selain memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi terhadap keselamatan jiwa seseorang, juga ada manfaat tersendiri utamanya untuk kepentingan kesehatan diri masing-masing. “Kegiatan ini menunjukan bahwa prajurit TNI dan anggota Polri ingin berbagi setetes darah kepada rekan-rekan yang membutuhkan,” katanya.

Sebelumnya, minggu yang lalu  Kharisma’98 juga telah memberikan bantuan sosial kepada korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Donggala, Sigi dan Palu, Sulawesi Tengah. Selain Donor Darah, Kharisma’98 juga akan melaksanakan kegiatan operasi katarak gratis yang dilaksanakan di Rumah Sakit TNI AU dr. Munir Lanud Abdurrahman Saleh Malang dibawah koordinator Letkol Kes dr. Erna.

Semua ini merupakan wujud nyata Prajurit Karir Semapa PK ABRI 1998 kepada bangsa dan negara yang sudah mengabdi kepada bangsa dan negara selama 20 tahun, sejak dilantik menjadi  Perwira Pertama ABRI (sekarang TNI) dan Perwira Polri dengan Pangkat Letnan Dua pada tanggal 4 Juli 1998.  Sebelum dilantik, Para perwira prajurit Karir TNI – Polri ini telah menjalani pendidikan Kawah Candra Dimuka di Akmil Magelang selama lebih kurang 7 bulan khusus Pria dan di Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD Lembang Bandung bagi Wanita TNI (Wan TNI) dan Polri (Polwan).(Fidel)