Published On: Ming, Agu 12th, 2018

Asian Games 2018 : Venue Jetski di Ancol Termegah di Dunia

Share This
Tags
Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA), Saiful Sutan Aswar (foto: IJN)

Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA), Saiful Sutan Aswar (foto: IJN)

JAKARTA,IJN.CO.ID – Venue Jetski untuk Asian Games 2018 yang terletak di Ancol termegah di dunia.

Presiden Jokowi juga memuji bagusnya venue berlayar dan jetski yang baru diresmikannya itu. Ia mendapatkan laporan dari salah seorang atlet yang menurutnya lebih bagus dibandingkan venue jetski dan berlayar yang dimiliki negara lain.

“Ya bagus ya. Tadi saya tanya, bertanya ke atlet kayak, jetski, tadi pak ini dibandingkan, dari negara mana pun kita terbaik venue tadi,” pungkas Jokowi.

Jetski Indonesia mengincar dua medali emas dari empat nomor yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Ancol Jakarta.

Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA), Saiful Sutan Aswar mengatakan Thailand dan Kuwait dinilai sebagai negara yang akan jadi pesaing utama.

Dikatakan bahwa Asian Games 2018 hanyalah titik awal dari perkembangan olahraga jetski di Nusantara. “Kita negara pertama di dunia yang memiliki sirkuit jetski dengan tribun permanen seperti di Ancol ini. Sebab itu saya harus manfaatkan fasilitas yang sudah diberikan pemerintah ini dengan maksimal. Kalau tidak mampu, saya dan komunitas jetski yang malu,” katanya, dalam acara syukuran tim jetski Asian Games 2018 di Ancol, Jakarta, Jumat 10 Agustus.

Menurut pria yang akrab disapa Fully itu, seusai Asian Games akan digelar ajang jetski nasional Piala Menpora pada pertengahan September.

“Piala Menpora adalah ajang pertama yang akan kita gelar setelah Asian Games. Setelah itu kami punya rencana menggelar ajang balap jetski kelas dunia Piala Presiden,” ujar Fully lagi.

Fully yang dua putranya, Aero Sutan Azwar dan Aqsa Sutan Aswar, merupakan andalan Indonesia untuk Asian Games 2018, optimistis bahwa jetski akan semakin berkembang di Indonesia berkat fasilitas yang dimiliki.

Aero Sutan Anwar menjadi andalan Indonesia pada ajang Asian Games 2018. Tak tanggung-tanggung, ia langsung dibebankan target medali emas.

Aero pernah memenangi kompetisi tertinggi jetski internasional, World Finals 2014, di Lake Havasu City, Arizona, Amerika Serikat.

“Jujur saya termotivasi karena saya sendiri nggak pernah balapan dengan ditonton banyak orang, terus banyak yang kenal,” kata Aero.

Asian Games 2018, jetski melombakan empat nomor, walaupun secara internasional ada 42 nomor yang bisa dilombakan dalam cabang olahraga ini. Indonesia menargetkan raihan 2 medali emas dari jetski di Asian Games 2018. (jef)