Published On: Sel, Mei 15th, 2018

Intelijen Inggris Peringatkan Negara Eropa Waspada Teror ISIS

Share This
Tags
(foto:Ist)

(foto:Ist)

LONDON,IJN.CO.ID – Kepala badan intelijen Inggris, MI5, memperingatkan bahwa kelompok yang menyebut diri mereka Negara Islam (ISIS) berniat melancarkan serangan yang “menghancurkan” dan “lebih rumit” di Eropa setelah kehilangan wilayahnya di Timur Tengah.

Direktur jenderal MI5, Andrew Parker, akan menyampaikan peringatan tersebut pada pertemuan kepala keamanan Eropa di Berlin.

Ia juga akan mengecam Rusia akan peracunan seorang mantan agen ganda dan putrinya di Salisbury — peracunan yang disebutnya “terarah”.

Dan ia akan mengungkap bahwa 12 serangan teror di Inggris telah dihentikan sejak serangan Westminster pada 2017.

Pidato Parker disampaikan setelah satu orang tewas dan empat lainnya terluka dalam penikaman di Paris pada hari Sabtu lalu. Serangan tersebut diklaim oleh ISIS.

Pada Desember tahun lalu, Parker melaporkan bahwa sembilan serangan teroris telah dicegah oleh badan intelijen dan polisi sepanjang 2017.

Dengan angka total terbaru yang diumumkan pada hari Senin, berarti jumlah serangan yang berhasil dicegah di Inggris mencapai 25 sejak 2013.

Dalam pidatonya, sang kepala badan intelijen akan mengatakan bahwa ia “percaya pada kemampuan kita untuk menangkal ancaman ini, karena kekuatan dan resiliensi sistem demokrasi kita, resiliensi masyarakat kita dan nilai-nilai yang kita bagi bersama para mitra di Eropa”.

Parker juga akan menyalahkan Kremlin atas “pelanggaran aturan internasional” atas peracunan seorang mantan mata-mata Rusia dan putrinya di Salisbury pada bulan Maret.

Mantan agen ganda Sergei Skripal dan putrinya Yulia terpapar racun syaraf yang termasuk kelompok racun Novichok.

Pemerintah Rusia menyangkal keterlibatan apapun dalam serangan pada 4 Maret, namun telah menjadi sasaran kecaman dan sanksi diplomatik dari Barat.

Parker akan menyebut upaya pembunuhan Skripal sebagai “tindakan merusak yang disengaja dan terarah” yang bisa membuat Rusia menjadi “lebih diasingkan”.

Ia akan mengecam Moskow dengan menyerukan kebutuhan untuk “menyalakan sinar terang menembus kabut kebohongan… dari mesin propaganda mereka”.

Parker akan menambahkan bahwa lembaga intelijen di Eropa harus lebih mengandalkan “kooperasi bersama” daripada sebelumnya.

Dan ia akan berterima kasih kepada badan keamanan Eropa atas bantuan mereka dalam investigasi pengeboman Manchester pada tahun lalu.

“Kooperasi lembaga intelijen Eropa hari ini sangat berbeda dari lima tahun lalu,” ujarnya.

(sumber:BBC/IJN)