Published On: Jum, Apr 6th, 2018

Makanan Sehat di Musim Pancaroba

Share This
Tags
(foto:Ist)

(foto:Ist)

IJN.CO.ID – Ahli gizi asal Manhattan, Amerika Serikat, Farah Fahad menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya vitamin dan antioksidan demi persiapan menghadapi musim pancaroba itu. Berikut lima buah dan sayur peningkat imun menurut Farah Fahad:

1. Labu
Penyakit yang sering menyerang di musim pancaorba seperti ini adalah flu. Untuk menangkalnya, Farah menyarankan untuk mengkonsumsi labu yang kaya vitamin C yang membantu menopang sistem pertahanan tubuh. Tingginya kadar vitamin A dalam labu juga menjadi nilai tambah untuk kesehatan mata dan kulit.

“Vitamin A mempercepat proses pembaharuan kulit karena meningkatkan produksi kolagen. Saya suka menyajikan labu panggang sebagai makanan penutup,” terangnya.

2.  Kubis Brussel
Meski bentuk kubis ini kecil, tetapi manfaatnya bagi manusia sangat besar lo! Farah menyebut bahwa kubis brussel mengandung sulfur yang membantu menghilangkan racun yang berasal dari makanan dan lingkungan. Kubis ini juga dikenal kaya vitamin K dan berbagai jenis mineral. “Kubis ini juga dikenal kaya vitamin K dan berbagai jenis mineral. Kandungan ini sangat penting untuk meningkatkan fungsi saraf dan otak,” terangnya.

3. Apel
“Apel merah mengandung antioksidan yang disebut Quercetin, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sementara itu, apel memiliki serat larut dan tak larut yang tinggi sehingga sistem pencernaan menjadi lebih sehat,” papar Farah.

4. Ubi Jalar
Jika Anda ikut pelatihan kebugaran, biasanya ubi selalu disarankan sebagai makanan pokok karena kaya karbohidrat. Namun, ubi tak hanya kaya karbohidrat, melainkan juga potasium.

“Elektrolit, kalium bersama dengan kalsium, magnesium, dan sodium membantu keseimbangan retensi cairan, kontraksi otot, dan fungsi jantung di dalam tubuh,” paparnya

5. Lobak
Sayur kerabat wortel ini menawarkan perpaduan nutrisi pembangkit tenaga di musim pancaroba ini. Lobak mengandung nutrisi termasuk folat, vitamin B6, dan vitamin B5 yang sangat penting untuk produksi energi dan metabolisme dalam tubuh. Mengolah lobak pun terbilang mudah. Bisa dengan cara dipangang atau sebagai bahan pelengkap sup. (IJN)