Published On: Rab, Agu 16th, 2017

Mengatasi Anak Suka Berbohong

Share This
Tags
ilustrasi (foto:Ist)

ilustrasi (foto:Ist)

IJN.CO.ID – Sebagian besar anak-anak berbohong di beberapa titik, tetapi dapat menjadi kejutan pertama kali Anda mendengar anak Anda berbohong. Belajar bagaimana berbohong adalah bagian dari perkembangan anak – tapi begitu adalah belajar untuk mengatakan yang sebenarnya. Berikut adalah cara mengatasi anak suka berbohong dan untuk memberikan anak Anda pesan bahwa kejujuran adalah penting.

Mengapa anak berbohong?
Ketika anak-anak mulai berbohong? Mendorong anak-anak untuk mengatakan yang sebenarnya
Bagaimana menangani anak berbohong dan kebohongan yang disengaja . Apa yang harus dilakukan ketika anak-anak berbohong.Berbohong tentang penyalahgunaan dan masalah serius lainnya kebohongan putih.

Anak-Anak Mungkin Berbohong:
Menutupi sesuatu sehingga mereka tidak mendapat kesulitan
Melihat bagaimana Anda akan merespon ketika Anda mendengar mereka berbohong
Membuat cerita mereka lebih menarik atau membuat diri mereka terdengar lebih baik
Mendapatkan perhatian, bahkan ketika mereka tahu Anda tahu yang sebenarnya
Mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan – misalnya, berkata kepada nenek.

Ketika Anak-Anak Mulai Berbohong?
Anak-anak dapat belajar untuk berbohong sejak usia dini, biasanya sekitar tiga tahun. Ini adalah ketika anak Anda mulai menyadari bahwa Anda bukan pembaca pikiran, sehingga ia bisa mengatakan hal-hal yang tidak benar tanpa Anda selalu mengetahui.

Anak berbohong lebih pada 4-6 tahun. Anak Anda mungkin lebih sering berbohong dengan mencocokkan ekspresi wajah dan nada suaranya untuk apa yang dia katakan. Jika Anda meminta dia untuk menjelaskan apa yang dia katakan, dia biasanya akan memiliki alasan yang banyak.

Ketika anak-anak mencapai usia sekolah, mereka mungkin berbohong lebih sering dan bisa lebih baik berbohong. Kebohongan juga mendapatkan lebih rumit, karena anak Anda memiliki lebih banyak kata dan lebih baik untuk memahami bagaimana orang lain berpikir.

Mendorong Anak-Anak Untuk Mengatakan Yang Sebenarnya
Setelah anak-anak tumbuh cukup tua untuk memahami perbedaan antara benar dan tidak benar, itu baik untuk mendorong dan mendukung mereka dalam mengatakan yang sebenarnya.
Anda dapat melakukan ini dengan menekankan pentingnya kejujuran dalam keluarga Anda dan memuji anak Anda untuk kejujuran.
Anda juga dapat meberikan penjelasan tentang kejujuran dengan mengatakan anak Anda bahwa Anda tidak suka kalau dia berbohong kepada Anda. Misalnya, Anda bisa mencoba mengatakan sesuatu seperti, ‘Bila Anda tidak mengatakan yang sebenarnya, saya merasa sedih dan kecewa’. (IJN)